Penulis
Intisari-Online.com -Beberapa tahun terakhir, hubungan China dan Amerika Serikat (AS) memburuk.
Memburuknya hubungan kedua negara termasuk disebabkan oleh asal-usul pandemi Covid-19, perdangan, hak asasi manusia serta tekanan Beijing yang meningkat terhadap Taiwan.
Hubungan kedua negara pun memanas di Laut China Selatan yang disengketakan hingga beberapa kali dikhawatirkan akan memicu perang.
Terlepas dari hubungan AS dan China yang buruk saat ini, siapa sangka kedua negara dulunya sempat akrab bahkan AS hampir memberikan teknologi canggih jet-nya pada China.
Pada tahun 1979, AS akhirnya memberikan pengakuan diplomatik penuh kepada China, yang menjadi dasar untuk periode singkat kerja sama pertahanan AS-China.
China mulai membeli senjata dari perusahaan AS, dengan persetujuan resmi Departemen Luar Negeri.
Melansir The EurAsian Times, Minggu (3/4/2022), Beijing melihat peluang dalam hal ini untuk memanfaatkan keahlian teknologi AS untuk program pesawat tempur J-8 generasi ketiga yang telah dimulai pada awal 1960-an tetapi terhambat oleh gejolak domestik dan kurangnya pengetahuan teknis, yang membahayakan kebutuhan operasional Angkatan Udara PLA (PLAAF).
Pada akhir 1950-an, negara-negara Barat mulai mengembangkan pembom strategis dan pesawat pengintai generasi berikutnya, bersenjata nuklir, penetrasi dalam dengan kemampuan yang jauh melebihi pesawat tempur paling canggih yang dimiliki PLAAF.
Oleh karena itu, militer China membutuhkan pesawat tempur pencegat kinerja tinggi baru yang dapat terbang dengan kecepatan maksimum 2,2 Mach, mencapai ketinggian layanan lebih dari 20.000 meter, mencapai tingkat pendakian permukaan laut 200 m/s, dan mencapai pertempuran radius 750 hingga 1.000 km.
Pada tahun 1964, Shenyang Aircraft Design Institute (601 Institute) mengusulkan versi J-7 bertenaga turbojet bermesin ganda yang ditingkatkan – salinan China dari MiG-21 Fishbed yang dirancang Soviet – yang akhirnya disetujui oleh PLA pada tahun 1965.
Produksi prototipe dimulai pada tahun 1966 dan penerbangan perdana berlangsung pada tahun 1969 tetapi pengujian penerbangan pesawat tidak selesai sebelum Desember 1979 karena gangguan yang disebabkan oleh 'Revolusi Budaya'.
J-8 akhirnya disertifikasi untuk finalisasi desain pada bulan Desember 1979 dan memasuki layanan dengan PLAAF pada tahun 1981.
Meskipun pesawat mencapai target desain asli untuk kinerja, itu tidak memiliki keunggulan khusus dibandingkan J-7 sebelumnya karena kurangnya avionik dan persenjataan yang mumpuni.
Sementara itu, 601 Institute mulai mengembangkan varian yang ditingkatkan yang dikenal sebagai J-8I pada tahun 1976 yang melakukan penerbangan pertamanya pada tahun 1982.
Pengujian penerbangan selesai pada tahun 1985 dan disetujui untuk finalisasi desain.
Namun, bahkan J-81 tidak dapat memenuhi persyaratan PLAAF dan PLAAF juga menuntut kemampuan tempur udara 'beyond-visual-range' (BVR) menggunakan radar-homing MRAAM, dan serangan darat sebagai kemampuan sekunder.
Baca Juga: Dialog Intisari: Jejak Etnis Tionghoa dalam Dunia Perfilman Nasional
Jadi, Shenyang kemudian mulai mengembangkan varian pesawat yang ditingkatkan secara radikal, J-8II pada awal 1980-an.
J-8II menampilkan intake engine yang dipasang di samping alih-alih intake hidung gaya MiG-21 J-8I yang memungkinkan radar besar dipasang di badan pesawat depan.
Laporan juga menunjukkan bahwa desainnya diuntungkan dari akses ke MiG-23 Flogger buatan Soviet yang diperoleh China secara ilegal dari Mesir pada awal 1970-an.
Ini pertama kali diterbangkan pada Juni 1984 dan masih gagal memenuhi kebutuhan PLAAF karena dibatasi oleh sensor yang buruk, sistem peperangan elektronik, avionik dan kapasitas muatan yang rendah hanya 4 rudal udara-ke-udara.
Sistem persenjataannya juga jauh di belakang rekan-rekan Amerika dan Soviet mereka seperti AIM-7 dan R-40.
Jadi, Beijing akhirnya memutuskan untuk mencari bantuan dari AS untuk program J-8-nya.
Pada tahun 1986, Presiden Ronal Reagan menyetujui proyek kerjasama 'Peace Pearl' Sino-AS untuk membantu China memodernisasi pesawat tempur J-8II-nya, dengan tujuan bersama-sama menghadapi ancaman Uni Soviet.
Pada tahun 1987, Divisi Sistem Penerbangan Angkatan Udara AS menempatkan kontrak dengan Grumman (sekarang Northrop Grumman) untuk peningkatan avionik menjadi sekitar 50-55 J-8II.
Baca Juga: Apa Peran Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia? Berikut Contoh Penerapan Sila Ini
Paket tersebut termasuk radar Westinghouse AN/APG-66 yang ditemukan pada F-16 awal, sistem navigasi inersia buatan AS, tampilan head-up (HUD), tampilan kokpit multi-fungsi, komputer, dan kursi lontar.
Dua J-8II diangkut ke AS pada awal 1989 didampingi oleh sekitar 40 perwira militer China untuk uji terbang yang akan dilakukan oleh pilot AS.
Instalasi prototipe direncanakan untuk dua J-8ll baik di Pangkalan Angkatan Udara Edwards, atau Pelabuhan Udara dan Luar Angkasa Mojave di California pada tahun 1989.
Sementara AS akan memasok avionik, senjata akan disediakan oleh industri pertahanan Italia.
Sekelompok rudal Alenia Aspide BVR – berdasarkan AIM-7E Sparrow dengan radar homing semi-aktif – dikirim ke China pada pertengahan 1980-an, di mana desainnya dikembangkan lebih lanjut untuk tujuan peluncuran permukaan dan peluncuran udara.
Setidaknya ada satu foto J-8II di ruang anechoic di AS yang digunakan untuk mengintegrasikan radar baru dan peralatan elektronik lainnya di pesawat.
Ruang ini mematikan radiasi elektromagnetik ambien dan memastikan bahwa berbagai emisi tidak berinteraksi secara negatif dengan sistem lain di dalamnya.
Namun, kerjasama AS-China yang bersejarah ini berumur pendek karena proyek tersebut dibatalkan karena embargo senjata yang diberlakukan oleh AS terhadap China setelah insiden Lapangan Tiananmen 1989.
Akhirnya, China harus meminta bantuan Rusia dan Israel dalam pengembangan suite avionik canggih dan sekitar 60 J-8II diproduksi antara tahun 1992 dan 95.