Find Us On Social Media :

Bikin Seantero Bumi Kompak Menganggapnya Misteri, Status Rusia Antara Negara Kaya atau Miskin Ternyata 'Pek Ketiplek' dengan Indonesia, Persis Banget!

By Khaerunisa, Kamis, 31 Maret 2022 | 20:25 WIB

Ilustrasi. Rusia negara kaya atau miskin?

Intisari-Online.com - Apakah Rusia negara kaya atau miskin?

Rupanya, pertanyaan tersebut sulit terjawab, bahkan membuat Rusia disebut sebagai negara yang penuh dengan misteri dan paradoks.

Melansir Russia Beyond, pernyataan bahwa Rusia negara penuh misteri dan paradoks, didukung oleh dua pertanyaan yang paling sering diajukan oleh orang asing pada mesin pencari Google: “Kenapa Rusia sangat miskin?” dan “Kenapa orang Rusia sangat kaya?”.

Tahun lalu, penyanyi asal Inggris Robbie Williams merilis klip video berjudul “Party Like a Russian” yang menggambarkan gaya hidup orang kaya Rusia dan bagaimana mereka menghabiskan uang.

Namun, pada saat yang sama, The Guardian melaporkan adanya peningkatan jumlah orang Rusia yang hidup di bawah garis kemiskinan.

Melihat dari sumber daya alamnya, Rusia sendiri merupakan negara dengan cadangan gas alam terbesar di dunia.

OPEC mengestimasi bahwa seperempat cadangan gas alam dunia berada di Rusia, dan kelima terbesar untuk cadangan minyak (berdasarkan data British Petroleum).

Menurut Kementerian Pembangunan Ekonomi Rusia, pada 2015 lalu produksi bahan bakar minyak dan energi Rusia mencapai 63 persen dari total ekspor negara.

Baca Juga: Jadi Negara Gagal Meski Punya Minyak Melimpah, Negara Miskin Ini Bak Ketiban Durian Runtuh, Disebut-sebut Akan Jadi 'Raja Minyak Dunia' Setelah Dibantu AS Gara-gara Perang Rusia-Ukraina

Baca Juga: AS Kebingungan, Gara-Gara Rusia Kena Sanksi Barat Dipredisi Dunia Akan Kekurangan Minyak, Amerika Serikat Sampai Mendekati Negara Miskin Ini Untuk Dijadikan Rusia Berikutnya!

Sementara, 43 persen pemasukan negara berasal dari hasil perdagangan minyak.

Selain itu, tidak ada negara lain di dunia yang memiliki kawasan hutan sebesar Rusia, bahkan volume cadangan air bersih Rusia berada di urutan kedua setelah Brasil.