Find Us On Social Media :

Muncul dalam Serial Marvel 'Moon Knight', Inilah Khonsu, Dewa yang Dianggap Kunci Kesuburan Sekaligus Kejam dalam Mitologi Mesir

By Tatik Ariyani, Rabu, 30 Maret 2022 | 15:38 WIB

Moon Knight - Khonsu

Intisari-Online.com - Bila dibandingkan dengan Iron Man atau Captain America, nama Moon Knight mungkin bisa dibilang masih asing di telinga para penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU).

Hal lain yang mengemuka dari serial Moon Knight yaitu penggambaran mitologi Mesir.

Berdasarkan karakter komik Marvel yang dibuat oleh penulis Doug Moench dan artis Don Perlin, Moon Knight dari produser eksekutif Jeremy Slater menceritakan kisah Steven Grant (Oscar Isaac).

Dia merupakan seorang “penjual suvenir” yang tinggal sendirian di London dekat museum tempat dia bekerja.

Diceritakan pula perasaan Steven bahwa dia terus-menerus dikuntit oleh Khonsu (F. Murray Abraham), dewa bulan Mesir mimpi buruk yang bisa dia lihat bahkan ketika dia terjaga.

Lantas, siapa sosok Khonsu sebenarnya?

Khonsu (Khons, Chons, Khensu) adalah dewa bulan dan waktu, melansir Ancient Egypt Online.

Diperkirakan bahwa Khonsu dapat mempengaruhi kesuburan orang dan ternak mereka.

Baca Juga: Orang Mesir Kuno Persiapkan Diri dengan Baik untuk Kehidupan Abadi, Tapi Pernahkah Anda Bayangkan, Seperti Apa Bau Mumi Mesir yang Ditemukan Beribu Tahun Kemudian?

Baca Juga: Bukan di 'Tanah Para Firaun,' Mumi Tertua di Dunia yang Berusia 8.000 Tahun Ini Justru Ditemukan di Eropa, Begini Cara Mumifikasinya yang Unik

Satu mitos (tercatat di dinding kuil Ptolemaik Khonsu di Karnak) memberinya peran penting dalam penciptaan alam semesta.

Khonsu juga dipuja sebagai dewa penyembuhan, seperti yang tercatat dalam kisah “Putri Bekheten”.