Musuhi Rusia Setelah Invasi Ukraina, Amerika Terancam Kehilangan Pasokan Penting Ini untuk Bikin Pesawat Tempurnya

Tatik Ariyani

Penulis

Intisari-Online.com -Perang Rusia-Ukraina membuat perusahaan kedirgantaraan khawatir karena dapat mengganggu pasokan titanium untuk memproduksi pesawat.

Titanium merupakan mineral utama yang digunakan dalam pembuatan berbagai komponen pesawat modern.

Kevin Michaels, direktur pelaksana AeroDynamic Advisory, sebuah perusahaan konsultan rantai pasokan, telah membunyikan alarm dengan mengatakan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dapat menutup bisnis kedirgantaraan komersial jika dia memilih untuk melakukannya.

Melansir The EurAsian Times, Senin (28/3/2022), VSMPO-AVISMA Corporation yang berbasis di Verkhnyaya Salda, Rusia, adalah produsen titanium terbesar di dunia.

Perusahaan ini memasok 30-35% dari titanium yang digunakan oleh sektor penerbangan secara global.

Raksasa kedirgantaraan seperti Boeing (Amerika Serikat) dan Airbus (Eropa) sangat bergantung pada titanium Rusia.

“Sulit untuk mendapatkan angka yang akurat. Menurut The Air Current, mereka (VSMPO) menyediakan 35% titanium Boeing, 65% Airbus, dan 100% Embraer,” kata Michaels pada konferensi pemasok pada Februari.

Pada 1950-an, ketika pengembangan jet supersonik dimulai, perusahaan dirgantara mulai menggunakan paduan titanium karena struktur baja aluminium asli tidak dapat memenuhi permintaan baru.

Baca Juga: Padahal Alot Diajak Negosiasi, Mendadak Rusia Hilangkan Syarat Ini Jika Ingin Gencatan Senjata, Bahkan Diizinkan Bergabung dengan Eropa, Apa Alasannya?

Baca Juga: 7 Jenderal Rusia 'Dibantai' Ukraina, Terkuak Perkara Inilah yang Jadi Titik Lemah Rusia di Perang Ukraina

Salah satu aplikasi awal titanium yang paling menonjol adalah pada pesawat pengintai strategis Lockheed SR-71 'Blackbird'.

Pesawat itu digunakan secara luas oleh agen mata-mata AS CIA melawan Uni Soviet pada puncak Perang Dingin.

CIA sebelumnya telah merencanakan untuk menggunakan Lockheed U-2, pesawat pengintai ketinggian tinggi bermesin jet tunggal yang relatif lambat untuk tujuan ini.

CIA juga mulai mengembangkan SR-71 dengan tujuan memenuhi dua persyaratan mendasar – penampang radar rendah dan kecepatan tinggi!

CIA ingin SR-71 terbang dengan kecepatan Mach 3+, lebih dari 3 kali kecepatan suara, yang pasti akan menghasilkan banyak panas kinetik.

Penampang radar rendah berarti penggunaan komposit penyerap radar di tepi runcing (atau "chines") dari badan pesawat, yang juga harus mampu menahan panas yang ekstrim.

Aluminium tidak dapat digunakan karena suhu permukaannya yang tinggi.

Baja juga dikesampingkan karena bobotnya — hanya material berbobot rendah yang dapat memastikan kecepatan tinggi.

Baca Juga: Padahal Alot Diajak Negosiasi, Mendadak Rusia Hilangkan Syarat Ini Jika Ingin Gencatan Senjata, Bahkan Diizinkan Bergabung dengan Eropa, Apa Alasannya?

Baca Juga: Bagaimana Penerapan Pancasila sebagai Dasar Negara pada Masa Awal Kemerdekaan? Simak Selengkapnya

Jadi, Lockheed memilih Titanium untuk SR-71, karena sangat ringan namun lebih kuat.

Titanium juga tahan terhadap suhu yang lebih panas, sekaligus memungkinkan pesawat terbang lebih cepat.

Titanium sekuat baja tetapi 45% lebih ringan.

Titanium dapat digunakan sebagai bahan struktural hingga suhu sekitar 1000 hingga 1150 ° F, sedangkan paduan aluminium konvensional hanya berguna hingga 350 ° F.

Namun, ketahanan panas titanium yang membuatnya diinginkan untuk penerbangan berkecepatan tinggi, juga membuatnya sangat sulit untuk dikerjakan menjadi bentuk yang diinginkan.

Bahkan mengekstraksi titanium dari bahan mentah dan kemudian menanganinya dalam bentuk murni sangat sulit.

Jadi, Lockheed harus mengembangkan cara pengolahan dan penanganan material.

Bahkan sedikit perubahan pada suhu dan kondisi atmosfer di lokasi pembuatannya dapat merusak seluruh batch titanium.

Baca Juga: Bak Kisah Cinderella, Inilah Ratu Geraldine dari Albania, Gadis Muda Cantik yang Menikah dengan Raja Bertampang Serius dan Lebih Tua, Perang Dunia Jadi Penyebab Mereka Tinggal di Pengasingan

Baca Juga: Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya? Berikut Jawabannya

Tantangan utamanya adalah mendapatkan jumlah Titanium yang cukup untuk memproduksi total 32 unit SR-71.

Ini terjadi di tahun 1950-an, ketika musuh bebuyutan AS, Uni Soviet, juga merupakan sumber utama dan pengekspor Titanium.

Ben Rich, kepala aerodinamis Lockheed untuk SR-71, merinci bagaimana perusahaan mendapatkan titanium yang dibutuhkannya:

“Pemasok kami, Titanium Metals Corporation, hanya memiliki cadangan terbatas dari paduan berharga, sehingga CIA melakukan pencarian di seluruh dunia dan menggunakan pihak ketiga dan perusahaan tiruan, berhasil secara diam-diam membeli logam dasar dari salah satu eksportir terkemuka dunia – Uni Soviet. Rusia tidak pernah memiliki firasat tentang bagaimana mereka sebenarnya berkontribusi pada pembuatan pesawat yang sedang dibangun untuk memata-matai tanah air mereka.”

Seiring waktu, penggunaan titanium dalam penerbangan semakin berkembang dengan desain pesawat yang lebih baru yang semakin mengandalkan material ringan.

Generasi baru pesawat militer buatan AS seperti F-22 Raptors dan F-35 telah menggunakan titanium dalam jumlah yang lebih banyak, terutama setelah tahun 2000.

Titanium juga digunakan untuk pelindung dan rangka kendaraan, serta komponen kapal angkatan laut.

Mengingat pentingnya, pemerintah AS telah menetapkan titanium sebagai salah satu dari 35 item dalam 'Daftar Mineral Kritis'.

Sementara itu, bijih titanium dunia masih banyak berasal dari Rusia, sedangkan sumber lainnya antara lain China, Kazakstan, dan Jepang.

Artikel Terkait