Find Us On Social Media :

Kebanggaan Bangsa Indonesia Terhadap Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika, Inilah Dampak KAA Bandung Tahun 1955

By Khaerunisa, Senin, 28 Maret 2022 | 16:10 WIB

Ilustrasi. Kebanggaan Indonesia terhadap pelaksanaan Konferensi Asia Afrika di Bandung.

Intisari-Online.com - KAA Tahun 1955 menimbulkan beberapa dampak, salah satunya menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia terhadap pelaksanaan Konferensi Asia Afrika ini.

Kebanggaan Bangsa Indonesia terhadap pelaksanaan Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955 itu adalah dicetuskannya semangat perdamaian di Bandung.

Semangat perdamaian itu dijuluki sebagai Bandung Spirit.

Bandung menjadi tempat diselenggarakannya Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955, tepatnya tanggal 18-24 April.

Selain menjadi salah satu negara pemrakarsa pertemuan internasional ini, Indonesia juga menjadi tuan rumah Konferensi Asia Afrika tahun 1955.

KAA Bandung sendiri dilatarbelakangi oleh kekhawatiran negara-negara Asia-Afrika, terutama yang baru merdeka, atas ketegangan yang terjadi antara kubu AS dan Uni Soviet setelah Perang Dunia II berakhir.

Setelah Perang Dunia II berakhir, berlangsung persaingan ideologi antara AS dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain atau yang dikenal sebagai Perang Dingin.

Selain itu, kekhawatiran juga berasal dari pengembangan senjata nuklir, penjajahan di Asia dan Afrika, hingga PBB yang bekerja lambat dalam menyelesaikan berbagai persoalan dunia.

Baca Juga: Konferensi Asia Afrika Diselenggarakan di Kota Ini, Beberapa Tempat sampai Diganti Namanya oleh Presiden Soekarno

Baca Juga: Pantas Saja Negara Sekutu Amerika Ini Sampai Kepincut Beli Barang-Barang Rusia, Padahal Jelas-Jelas Barat Mati-Matian Berikan Sanksi Pada Rusia, Ternyata Ini Penyebabnya!

Tujuan diselenggarakannya KAA adalah untuk mepererat solidaritas antara negara-negara di Asia dan Afrika terutama negara-negara yang baru merdeka dan menentang kolonialisme (penjajahan).

Sebanyak 29 negara mengikuti pertemuan negara-negara Asia-Afrika ini, termasuk 5 negara pemrakarsa Konferensi Asia Afrika.