Find Us On Social Media :

Konferensi Asia Afrika Mendasari Pembentukan Organisasi Bernama Apa? Begini Sejarahnya

By Khaerunisa, Sabtu, 26 Maret 2022 | 17:55 WIB

Ilustrasi. Suasana saat Konferensi Asia Afrika (KAA) berlangsung di Bandung, Jawa Barat.

Intisari-Online.com - Konferensi Asia Afrika mendasari pembentukan organisasi bernama Gerakan Non-Blok atau GBN.

GNB atau Non-Aligned Movement adalah suatu organisasi internasional yang terdiri dari 100 negara negara yang menganggap dirinya tidak beraliansi dengan kekuatan besar apapun.

Lahirnya GNB dilatarbelakangi oleh kekhawatiran para pemimpin negara dunia terutama dari Asia-Afrika terhadap munculnya ketegangan dunia karena adanya persaingan ideologi antara Blok Barat (Amerika) dan Blok Timur (Uni Soviet/Rusia).

Berlangsungnya persaingan ideologi antara AS dan Uni Soviet dalam memperebutkan pengaruh negara-negara lain yang terjadi pasca-Perang Dunia II itu dikenal sebagai Perang Dingin.

Maka, tujuan utama dari GNB adalah guna mengupayakan hak untuk menentukan nasib sendiri, kemerdekaan nasional, kedaulatan, dan integritas negara anggota.

GNB juga menentang adanya apartheid (sistem pemisahan ras) serta tidak memihak pakta militer manapun.

Gerakan ini juga menolak segala macam bentuk imperialisme dan kolonialisme, serta mendukung pelucutan senjata, dan tidak mencampuri urusan negara lain.

GNB dideklarasikan secara resmi pada KTT I di Yugoslavia tanggal 1 - 6 September 1961, lalu seperti apa peran Konferensi Asia Afrika terhadap pembentukan organisasi ini?

Baca Juga: Apa Saja Peran Indonesia dalam Penyelenggaraan KAA? Ini Dia Peran Indonesia dalam KAA

Baca Juga: Kebanggaan Bangsa Indonesia Terhadap Pelaksanaan Konferensi Asia Afrika Adalah Dicetuskannya Hal Ini

Munculnya gagasan untuk membentuk Gerakan Non-Blok tentu tak terjadi begitu saja, ini melalui sejumlah pertemuan.

Jika KTT I di Yugoslavia menjadi tempat diresmikannya GNB, maka Konferensi Asia Afrika yang diselenggarakan di Bandung Indonesia melahirkan prinsip yang mendasari berdirinya organisasi ini.