Find Us On Social Media :

Pantas Sampai Buru-buru Tutup Akun Twitter Pembongkarnya, Terkuak Rencana Busuk AS di Ukraina, Kembangkan Senjata yang Nyaris Tak Ada 'Penangkalnya'

By Khaerunisa, Minggu, 13 Maret 2022 | 21:10 WIB

Ilustrasi. Kondisi Ukraina setelah diserang Rusia

Intisari-Online.com - Sejak perang Rusia-Ukraina berkecamuk, salah satu yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah mengenai alasan Putin melancarkan operasi militer di negara tersebut.

Seperti diketahui, setelah situasi di perbatasan Rusia-Ukraina memanas, pada akhirnya Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan mengumumkan operasi militer di Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Sejumlah alasan atas serangan tersebut dibeberkan Putin, salah satunya bahwa para pemimpin kelompok separatis di Ukraina timur meminta bantuan Rusia.

Itu tetap menjadi alasan Putin, sementara muncul spekulasi di media sosial yang mengatakan bahwa serangan itu menargetkan laboratorium biologi Amerika Serikat (AS) di Ukraina.

Spekulasi tersebut diungkapkan pengguna Twitter @WarClandestine, sekaligus membeberkan mengenai rencana AS di Ukraina.

Akun @WarClandestine sendiri diblokir setelah mengungkapkan pendapat mengenai serangan Rusia tersebut, tetapi, utasnya sempat diarsipkan.

Seperti apa rencana AS di Ukraina yang dianggap membuat Rusia sampai melakukan serangan yang menargetkannya?

Melansir infowars.com (24/2/2022), Spekulasi di media sosial tersebut menunjukkan serangan Rusia terhadap instalasi militer Ukraina juga dapat mencakup laboratorium bio AS di wilayah tersebut.

Pemerintah Rusia selama bertahun-tahun menuduh AS mengembangkan senjata biologis di dekat perbatasannya.

Baca Juga: Tantang Balik NATO, Rusia Sebut Mereka Bisa Menarget Pasokan Senjata Barat untuk Ukraina, 'Konvoi Ini Jadi Target Empuk!'

Terbukti ada beberapa laboratorium bio AS di Ukraina di bawah naungan Program Pengurangan Ancaman Biologis Departemen Luar Negeri AS, sebuah inisiatif di mana AS bermitra dengan negara lain untuk melawan ancaman wabah (disengaja, tidak disengaja, atau alami) dari dunia penyakit menular yang paling berbahaya.

“Prioritas Program Pengurangan Ancaman Biologis di Ukraina adalah untuk mengkonsolidasikan dan mengamankan patogen dan racun yang menjadi perhatian keamanan dan untuk terus memastikan Ukraina dapat mendeteksi dan melaporkan wabah yang disebabkan oleh patogen berbahaya sebelum menimbulkan ancaman keamanan atau stabilitas,” bunyi pernyataan situs web Kedutaan Besar Ukraina AS.