Find Us On Social Media :

Sampai Disarankan Ambil Kebijakan yang Bakal Gemparkan Masyarakat Seantero Indonesia, Peneliti Ini Sebut Borok Indonesia yang Terungkap Usai Rusia Invasi Ukraina

By Tatik Ariyani, Senin, 7 Maret 2022 | 15:52 WIB

(ilustrasi) Konflik Rusia-Ukraina berdampak pada sektor energi Indonesia

Intisari-Online.comInvasi Rusia ke Ukraina yang dimulai sejak 24 Februari 2022 lalu masih terus berlangsung hingga kini.

Meski konflik Rusia-Ukraina baru berlangsung lebih dari seminggu, namun dampaknya sudah dirasakan oleh banyak negara, termasuk Indonesia.

Konflik antara Rusia dan Ukraina telah berdampak signifikan pada sektor energi Indonesia.

Hal ini menunjukkan sejauh mana kebijakan energi Indonesia masih rentan terhadap guncangan eksternal.

Jalan keluar yang disarankan untuk menyelesaikan masalah dalam sektor energi ini pun akan memicu protes yang luas di kalangan masyarakat.

Dampak konflik Rusia-Ukraina terhadap sektor energi Indonesia ini diulas oleh I Dewa Made Raditya Margenta dan Filda C. Yusgiantoro dalam artikel berjudul 'How the Russia-Ukraine War Has Slammed Indonesia’s Energy Security' yang tayang di The Diplomat, Senin (7/3/2022).

Selama beberapa bulan terakhir, dunia telah dengan hati-hati memantau ketegangan yang meningkat antara Rusia dan Ukraina, yang memuncak pada invasi Rusia pada 24 Februari.

Sepanjang waktu itu, pasar telah bergejolak karena perselisihan Rusia-Ukraina, seperti yang ditunjukkan oleh kenaikan harga energi.

Baca Juga: Sementara Putin Bersedia Setop Invasi ke Ukraina dengan Syarat Ini, NATO Jelaskan Alasan 'Angkat Tangan' Takut Terjadi Perang Penuh di Eropa

Baca Juga: Jasadnya Diberi Zat Mengerikan Agar Hancur Tak Berbekas dan Sulit Dikenali, Inilah Anastasia, Putri Tsar Nicholas II yang Lolos dari Pembantaian Komunis Rusia

Harga minyak global terus melonjak hingga hampir $115 per barel setelah melonjak di atas $100 segera setelah invasi Rusia, tertinggi sejak September 2014.

Serangan itu telah mengganggu pasar minyak dan memberikan pukulan signifikan bagi negara-negara yang sangat bergantung pada Rusia untuk energi.