Find Us On Social Media :

Putin Siagakan Senjata Nuklir, Ternyata Bukan Hanya Rusia dan Barat yang Jadi Ancaman Dunia, Tetapi Negara-negara Ini Juga

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 28 Februari 2022 | 17:10 WIB

Bukan hanya Amerika dan Rusia, negara-negara ini juga punya nuklir yang mengancam dunia

Intisari-Online.com - Hingga kini, invasi Rusia ke Ukraina masih terus berlangsung sejak pasukan Rusia memasuki Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Jumat (25/2/2022), Amerika Serikat (AS) mengatakan akan menjatuhkan sanksi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, menyusul pengumuman serupa oleh Inggris dan Uni Eropa (UE) setelah serangan Rusia ke Ukraina.

Meski demikian, Putin justru memerintahkan untuk memperkuat pertahanannya.

Putin bahkan memerintahkan kepala pertahanannya untuk menempatkan "pasukan penangkal" nuklir dalam siaga tinggi pada Minggu (27/2/2022).

Putin menuduh Barat mengambil langkah-langkah "tidak bersahabat" terhadap negaranya.

Sementara itu, Moskwa sendiri punya gudang senjata nuklir terbesar kedua di dunia dan sejumlah besar rudal balistik yang membentuk tulang punggung pasukan penangkal negara itu.

Sama seperti di NATO, sebagian dari senjata nuklir Rusia berada dalam kesiapan konstan dan “dapat diluncurkan dalam waktu 10 menit”, kata Marc Finaud, pakar proliferasi nuklir di Pusat Kebijakan Keamanan Jenewa, melansir Al Jazeera, Minggu (28/2/2022).

Meski begitu ancaman nuklir tidak hanya berkutat pada 2 pihak tersebut.

Baca Juga: Terkuak 'Benang Merah' Penyebab Perang Rusia - Ukraina, Bahan Bakar Senjata Nuklir yang Dijual Negara Tetangga ke Ukraina Ini Bikin Rusia Mengamuk dan Siap Mengambilnya Kapan Saja

 Baca Juga: Tak Heran NATO 'Ogah-ogahan' Jadikan Ukraina Anggotanya, Rupanya Rudal Nuklir Rusia Ini Siap Hantam dan Hancurkan Negara NATO ini dalam Waktu 20 Menit

Sekarang, negara-negara seperti Iran, Israel, Pakistan, India, dan Korea Utara semuanya memiliki banyak senjata nuklir.

Bahkan ada dugaan dalam beberapa tahun terakhir, mereka mengancam akan menggunakannya.