Find Us On Social Media :

Bikin Bergidik, Putin Perintahkan Pasukan Nuklir Rusia Siap Siaga Tinggi, Dampak Nuklir Tak Main-main Seperti di Hiroshima, Sebabkan 1.900 Kematian Akibat Kanker Meski Lewat Sedekade

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 28 Februari 2022 | 15:49 WIB

Apakah Rusia akan menggunakan nuklir dalam invasinya ke Ukraina ini?

Intisari-Online.com - Hingga kini, invasi Rusia ke Ukraina masih terus berlangsung sejak pasukan Rusia memasuki Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Sejak itu pula, banyak sanksi yang telah dijatuhkan negara-negara kepada Rusia.

Jumat (25/2/2022), Amerika Serikat (AS) mengatakan akan menjatuhkan sanksi kepada Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov, menyusul pengumuman serupa oleh Inggris dan Uni Eropa (UE) setelah serangan Rusia ke Ukraina.

Meski demikian, Putin justru memerintahkan untuk memperkuat pertahanannya.

Putin bahkan memerintahkan kepala pertahanannya untuk menempatkan "pasukan penangkal" nuklir dalam siaga tinggi pada Minggu (27/2/2022).

Putin menuduh Barat mengambil langkah-langkah "tidak bersahabat" terhadap negaranya.

Sementara itu, Moskwa sendiri punya gudang senjata nuklir terbesar kedua di dunia dan sejumlah besar rudal balistik yang membentuk tulang punggung pasukan penangkal negara itu.

Sama seperti di NATO, sebagian dari senjata nuklir Rusia berada dalam kesiapan konstan dan “dapat diluncurkan dalam waktu 10 menit”, kata Marc Finaud, pakar proliferasi nuklir di Pusat Kebijakan Keamanan Jenewa, melansir Al Jazeera, Minggu (28/2/2022).

Baca Juga: Pantas Saja Tak Ada Negara Barat Manapun yang Berani Mengusik Invasi Rusia ke Ukraina, Ternyata Ini Konsekuensi Mengerikan yang Akan Diberikan Rusia Jika Ada Negara yang Ikut Campur

 Baca Juga: Sejauh Ini Belum Ada Rudal Nuklir yang Dikerahkan ke Ukraina, Terkuak Ini Daftar Senjata Militer yang Sudah Digunakan Rusia untuk Menghajar Ukraina

Sebagian besar analis mengatakan bahwa menggunakan opsi nuklir adalah langkah putus asa akibat kemunduran militer Rusia sejak menyerang Ukraina pekan lalu.

Meski begitu, dampak bom nuklir tidak main-main seperti yang dialami Hiroshima yang hancur karena ledakan atom yang dijatuhkan pesawat milik Amerika, bernama Enola Gay, pada 1945.