Find Us On Social Media :

Kisah Dong Baoluo, Kekasih Rahasia Wu Zetian yang Berhasil Membuat Kaisar Wanita Pertama China 'Mabuk Kepayang' dengan Bakatnya Ini

By Khaerunisa, Kamis, 24 Februari 2022 | 21:10 WIB

Penggambaran Wu Zetian, kaisar wanita pertama China yang terkenal dengan banyak skandal perselingkuhannya.

Intisari-Online.com - Wu Zetian merupakan anak dari seorang jenderal perang yang awalnya bekerja di istana Kaisar Taizong sebagai selir yang tingkatnya rendah.

Setelah mangkatnya Kaisar Taizong pada tahun 649, dia pun kemudian menjadi selir kemudian menjadi permaisuri dari penerus dan putra Taizong, Kaisar Li Zhi (Gaozong).

Pada akhirnya, dia berhasil naik ke tampuk kekuasaan dan menjadi kaisar wanita pertama dalam sejarah China sekaligus satu-satunya.

Selain keberhasilannya menjadi penguasa Kekaisaran China, cerita tentangnya juga tak lepas kisah perselingkuhan.

Sejarah menceritakan banyak kekasih Permaisuri Wu, tetapi ada hubungan cinta rahasia yang terlupakan dengan seorang pemain pipa muda bernama Dong Baoluo.

Perselingkuhan dengan pemuda yang satu ini bahkan berlangsung lebih dari dua puluh tahun.

Melansir zhang.digitalscholar.rochester.edu, kisahnya dimulai ketika Dong Baoulo datang ke istana sebagai penghibur Kaisar Gaozong.

Saat itu, kabar tentang bakatnya yang luar biasa dalam bermain alat musik pipa menyebar ke seluruh Chang'an.

Baca Juga: Hidupnya Bak Binatang Buas yang Tak Bisa Kendalikan 'Nafsu', Inilah La Pateddungi, Raja Wajo yang Tiap Malam 'Berburu' Wanita dari Rakyatnya Sendiri

Baca Juga: Masih Keturunan Mataram Kuno, Inilah Raja yang Berhasil Jadi Raja Terbesar Kerajaan Sriwijaya

Pada usia enam belas tahun, ia sering bermain di acara-acara sosial dan pertemuan kebijakan untuk birokrasi dan aristokrasi.

Pada tahun 660M, Gaozong menderita stroke pertama dari banyak stroke yang melumpuhkannya dengan kebingungan dan hampir buta total. Karena dia tidak bisa lagi terhibur dengan apa yang dia lihat, dia meminta musisi untuk bermain untuknya.