Penulis
Intisari-Online.com -Biasanya, dua negara yang terlibat dalam hubungan perdagangan akan bergantung satu sama lain.
Satu pihak sebagai pembeli, sementara pihak lain sebagai penjual, begitu pula sebaliknya.
Karena saling tergantung tersebut, sehingga kedua negara akan menghindari terjadinya konflik yang menyebabkan pengerahan kekuatan militer.
Namun, agaknya hal itu tak berlaku bagi hubungan China dan India.
Secara militer atau politik ada banyak kebuntuan selama periode ini, termasuk perselisihan yang berlanjut atas Ladakh, antara India dan China.
Tapi itu tidak berdampak pada perdagangan bilateral kedua negara.
Setiap sikap ramah India selama periode ini diikuti oleh permusuhan China, tetapi permusuhan itu tidak berdampak buruk pada perdagangan bilateral.
Menyusul pelanggaranChina terhadap Garis Kontrol Aktual (Line of Actual Control/LAC) di wilayah perbatasan China yang disengketakan di Ladakh, India telah memberlakukan banyak pembatasan pada barang dan investasi China.
Tetapi itu tidak mempengaruhi angka perdagangan bilateral secara keseluruhan, yang telah tumbuh 44 persen pada tahun 2021.
Sekarang terungkap bahwa impor India tumbuh melebihi rekor 46 persen sementara ekspor naik 35 persen, melansir The EurAsian Times, Rabu (23/2/2022).
Total perdagangan India dengan China adalah $125,7 miliar pada tahun 2021 meskipun sebagian besar atas persetujuan China.
Faktanya, ini adalah pertama kalinya perdagangan bilateral melewati batas $100 miliar.
Fakta penting lainnya adalah bahwa peningkatan impor mendorong defisit perdagangan India dengan China menjadi $69,4 miliar pada tahun 2021, naik dari $45,9 miliar pada tahun 2020 dan $56,8 miliar pada tahun 2019.
Pada periode April-November tahun lalu, China adalah mitra dagang terbesar kedua India, setelah Amerika Serikat (AS).
Beberapa impor utama India dari China termasuk smartphone, komponen untuk smartphone dan mobil, peralatan telekomunikasi, barang plastik dan logam, bahan farmasi aktif (API), sedangkan ekspor India ke China pada dasarnya mencakup bahan mentah, terutama bijih besi.
Tidak heran mengapa, dalam sebuah penelitian oleh, sarjana Universitas Delhi Bipin K. Tiwary dan Anubhav Roy, telah menemukan bahwa “jalinan politik-militer dan ekonomi hubungan India-China telah melihat perbedaan dalam dekade terakhir, dengan bisnis bilateral dan interaksi ekonomi diam-diam berlanjut – atau bahkan membaik – meskipun ketegangan politik-militer atas berbagai perselisihan terus berlanjut”.
Sedemikian rupa sehingga dalam enam bulan kebuntuan Ladakh pada tahun 2020 (April hingga Desember), di mana pemerintah India telah merancang banyak langkah untuk mengurangi keterikatan bisnis dengan China dan menugaskan pabrik untuk mempercepat produksi barang-barang asli yang merupakan ekspor utama China ke negara itu, China merebut kembali tempatnya sebagai mitra dagang utama India.
Tahun-tahun (secara luas 2014-20), China melakukan segala cara untuk memprovokasi India, secara militer dan politik, Tiwary dan Roy telah dengan tepat menunjukkan.
Namun, selama bertahun-tahun, kepentingan bisnis dan keuangan China di India berkembang secara fenomenal.
Sebanyak 92 startup India datang dengan investasi China. Xiaomi dari China muncul sebagai ponsel dengan penjualan terbesar di India. MG, Volvo, dan Great Wall Motors diizinkan untuk memberikan jejak mereka di pasar mobil India.
Kebetulan, pemerintah Narendra Modi membangun patung tertinggi di dunia, yaitu mendiang Menteri Dalam Negeri Sardar Patel, di Gujarat dengan "menggunakan 553 panel perunggu" buatan China.
Tren lain yang telah diperhatikan adalah bahwa banyak perusahaan startup dan perusahaan mapan India, terutama yang berurusan dengan sektor otomotif, memiliki hubungan langsung atau tidak langsung dengan investasi atau kolaborasi China.
Seperti itu, ZS EV andalan mobil listrik China telah ada di India sejak 2019. Ia telah bermitra dengan "eChargeBays", sebuah start-up yang berbasis di Delhi dalam membangun pengisi daya EV publik. Ini juga bermitra dengan Tata Power dalam hal ini.
Kabarnya, China kini menjadi satu-satunya sumber suku cadang mobil terbesar yang diimpor oleh India.
Baca Juga: SejarahBandung Jadi Lautan Api, Tak Terlupakan Bagi Bangsa Indonesia
Data terbaru yang tersedia menunjukkan bahwa pangsa China di segmen ini setinggi 27 persen, dengan nilai tahunan $ 4,7 miliar. Dan segmen ini mencakup suku cadang mobil penting seperti piston mesin, penggerak transmisi, kemudi, dan komponen bodi.
Pabrikan mobil seperti Maruti Suzuki India Limited telah mengakui bahwa India saat ini “tidak dapat membuat suku cadang yang diekspor China atau mengambilnya dari tempat lain dengan harga murah”.
Tentu saja, ini adalah fenomena global, dan India tidak dapat melepaskan diri dari kenyataan pahit, bahwa rantai pasokan global China yang cepat dan akuisisi perusahaan luar negeri yang agresif, telah membuat jejak kaki Beijing ada di mana-mana di seluruh dunia.
Selama rantai pasokan China ini tidak terputus, orang tidak akan terkejut melihat contoh kontras antara untaian politik-militer dan ekonomi negara-negara dalam hubungan mereka dengan China.