Find Us On Social Media :

Sukar Tidur Pada Malam Hari? Bisa Jadi Empat Hal Ini yang Jadi Biang Keladinya

By Ilham Pradipta M., Kamis, 22 September 2016 | 07:30 WIB

Sukar Tidur Pada Malam Hari? Bisa Jadi Empat Hal Ini yang Jadi Biang Keladinya

Intisari-Online.com – Tidur pulas tentu diinginkan setiap orang. Tidur, kegiatan yang kita lakukan tanpa sadar ini amat penting untuk kesehatan mental dan fisik. Masalahnya, ada saja pelbagai hal yang mengganggu tidur kita pada malam hari.  Namun, tentunya tak hanya mimpi buruk saja yang jadi biang keladinya. Nah, berikut ini adalah lima hal yang bisa mengganggu tidur kita pada malam hari.

1. Kulit iritasi dan gatalMemang amat menjengkelkan hanya gara-gara kulit gatal, tidur di malam hari jadi terganggu. Biasanya, hal ini sering terjadi pada penderita eksim. “Penyakit ini memiliki dampak yang serius pada kualitas hidup dan kesehatan pasien secara menyeluruh, baik fisik maupun mental,” ujar Jonathan Silverberg, MD, asisten profesor dermatologi, medical social sciences dan preventive medicine di Northwestern University Feinberg School of Medicine di Chicago.

Ia juga mengatakan kalau eksim dapat membawa perubahan sistem kekebalan tubuh dan peradangan yang bisa mengganggu tidur. Nah, jika eksim benar-benar mempengaruhi kualitas tidur Anda, segeralah berkonsultasi dengan ahli medis.

2. Sindrom kaki ‘gugup’Menurut National Sleep Foundation, sekitar satu dari sepuluh orang di Amerika Serikat, memiliki gangguan tidur berupa kaki ‘gugup’. Gangguan ini mendesak kita untuk memimdah-mindahkan kaki ketika hendak tertidur.

Menurut WilliamOndo, MD, a neurologist di Houston Methodist, pasien dengan sindrom kaki ini akan mengalami kesulitan tidur saat gejela mereka memburuk pada malam hari.

3. Kamar tidur terlalu panasSelidik punya selidik, suhu ruangan amat berpengaruh dengan pulas atau tidaknya tidur kita. Kamar yang terlalu hangat, bisa membuat kita kesulitan untuk tertidur. Terlebih lagi, suhu yang terlalu hangat itu juga bisa membuat kita terbangun di malam hari.

Menurut The National Sleep Foundation, sebaiknya suhu kamar kita diatur pada suhu 18℃. Ahli mereka mengatakan, suhu 18℃.  membuat tidur jadi lebih kondusif. Namun, tiap orang juga memiliki kenyamanan yang berbeda-beda pada suhu tertentu. Nah, alterntifnya temukanlah suhu dingin yang terbaik untuk Anda agar tidur jadi lebih nyenyak.

4. StresJangan heran kalau tidur terganggu saat stres melanda. Stres merupakan salah satu biang keladi yang bisa menyebabkan insomnia. Nah, untuk mengurangi stres, kita bisa menggunakan minyak lavender sebagai penangkalnya. Minyak ini merupakan obat alami yang dapat membantu menenangkan pikiran.

(Rd.com/Jennifer Lea)