Find Us On Social Media :

Salah Satunya Malah Pernah Dibikin Kocar-kacir oleh Pendiri Majapahit, Inilah Daftar Negara yang Pernah Permalukan Rusia dalam Perang

By Khaerunisa, Kamis, 17 Februari 2022 | 15:50 WIB

Lukisan Perang Krimea, salah satu perang yang berbuah kekalahan Rusia.

Intisari-Online.com - Rusia dikenal sebagai salah satu negara terkuat di dunia.

Kekuatan militernya terus menduduki posisi teratas, bersaing dengan negara-negara seperti Amerika Serikat dan China.

Meski begitu, rupanya Rusia juga pernah dipermalukan dalam perang-perang yang dihadapinya ini.

Beberapa di antaranya tak hanya membuat negara ini kehilangan sejumlah besar wilayahnya, tapi bahkan kelangsungan negara itu pun dipertanyakan.

Kerugian besar didapatkan Rusia dari kekalahan dalam perang-perang ini.

Negara mana saja yang pernah membuat Rusia mengalami kekalahan yang memalukan? Berikut ini sejumlah perang yang berbuah kekalahan Rusia.

1. Perang Krimea (1853 – 1856)

Rusia harus mengakui kekalahannya ketika melawan gabungan kekuatan Kesultanan Utsmaniyah, Kerajaan Sardinia, Perancis, dan Britania Raya.

Baca Juga: Sok Sangar Didukung Militer Israel Plus NATO, Negara Kecil Ini Nekat Gempur Wilayah yang Didukung Oleh Rusia, Tapi Endingnya Malah Gagal Total Juga Rugi Besar

Baca Juga: Pantas Ukraina Hingga NATO Mengutuk Upaya Rusia Untuk Merebut Kembali Ukraina, Terungkap Alasan Vladimir Putin Ngotot Rebut Ukraina, Ternyata Masih Tak Terima dengan Hal Ini

Pertempuran ini umumnya dikenal sebagai Perang Krimea. Sementara di Rusia dikenal dengan nama Perang Oriental, dan di Inggris dikenal dengan Perang Rusia.

Perang yang berlangsung antara 1853 hingga 1856 ini sebagian besar terjadi di Semenanjung Krimea, Turki, dan Laut Baltik.