Find Us On Social Media :

Cara Mencari Hari Lahir Berdasarkan Tanggal, Bulan dan Tahun, Ikuti Langkah-langkah Berikut

By Tatik Ariyani, Minggu, 13 Februari 2022 | 16:02 WIB

Tabel pasaran untuk mengetahui weton tanggal lahir. Mencari hari lahir berdasarkan tanggal, bulan dan tahun

Intisari-Online.com – Sudah tahu hari lahir Anda? Jika belum, Anda bisa mencari hari lahir berdasarkan tanggal, bulan dan tahun.

Hari lahir sendiri disebut dengan wetonWeton, dari asal kata ‘wetu’ atau lahir, adalah hari kelahiran menurut penanggalan atau kalender Jawa.

Seperti diketahui, weton lahir masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Jawa untuk meramalkan kecocokan jodoh seseorang, rezeki, bahkan kesuksesan seseorang.

Selain itu, weton juga bisa dijadikan dasar untuk menentukan hari baik bagi tanggal pernikahan, masa tanam, masa panen, bahkan saat baik untuk membangun rumah.

Meski semua hari dianggap baik, namun ini dimaksudkan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bertentangan dengan weton yang dimaksud.

Yang jelas, weton merupakan perayaan hari kelahiran berdasarkan perhitungan hari dalam kalender jawa.

Jika dalam kalender Masehi ada 7 hari dalam sepekan, yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, dan Minggu; dalam kalender Jawa memiliki jumlah hari yang sama seperti kalender Islam dengan 5 hari pasaran, yaitu Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi.

Sehingga, weton merupakan gabungan keduanya yang menunjukkan hari lahir dan pasaran seseorang.

Baca Juga: Hari Lahir Anda, Cerminkan Watak Kepribadian Anda Menurut Perhitungan Primbon Weton Jawa, Salah Satunya Cerminkan Pendirian yang Tidak Tetap

 Baca Juga: Weton Hari Ini Sabtu 8 Januari 2022 Menurut Kalender Jawa, Seperti Apa Watak, Keberuntungan, dan Jodoh Weton Sabtu Wage?

Lantas, bagaimana mencari hari lahir berdasarkan tanggal, bulan dan tahun? Berikut caranya:

1. Tanyakan pada orangtua