Find Us On Social Media :

Dari Seorang Sekretaris Pribadi Jadi Orang Paling Berkuasa di Dunia, Inilah Eumenes, Kepala Pasukan Besar Pengganti Alexander Agung, Kekosongan Suksesi Membuat Hidupnya Berakhir Seperti Ini!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 11 Februari 2022 | 12:35 WIB

Eumenes, dari sekretaris pribadi Alexander Agung jadi kepala pasukan besar.

Intisari-Online.com – Ini adalah kisah perjalanan luar biasa dari satu orang.

Dia adalah seorang sekretaris Yunani yang rendah hati, Eumenes menjadi salah satu orang paling berkuasa di dunia kuno.

Dari seorang sekretaris Alexander Agung, Eumenes bangkit dalam keributan setelah kematian dini penakluk legendaris itu, untuk memimpin sisa pasukan besar Alexander.

Dia kemudian menjadi pemimpin besar di timur tengah sebelum pengkhianatan dan kematiannya.

Bagaimana mungkin seorang sekretaris, muncul sebagai ‘pemain kunci’ setelah Alexander Agung?

Eumenes lahir pada 362 SM di Cardia, Thrace, di tempat yang sekarang disebut semenanjung Gallipoli.

Beberapa sumber menyatakan bahwa Eumenes adalah keturunan bangsawan, yang lain mengatakan dia berasal dari keluarga miskin.

Dia mendapat dukungan di istana Makedonia, awalnya sekretaris pribadi Philip II, raja Makedonia bermata satu, selama tujuh tahun.

Baca Juga: Helm Yunani Kuno yang Ditemukan Ini Mungkin Bisa ‘Ceritakan’ Pertempuran Laut dengan Kekuatan Besar yang Terjadi 2.500 Tahun yang Lalu di Mediterania

 Baca Juga: Seperti Halnya Bangsa Mesir Kuno dan Romawi Kuno, Inilah 10 Dewi dalam yang Mitologi Yunani Kuno, Mulai dari yang Keibuan, Bijaksana, Hingga Dianggap Sebagai Dewa dan Tetap Perawan

Setelah kematian Philip pada 336 SM, Eumenes yang berusia 26 tahun menjadi sekretaris pribadi putra Philip, yaitu Alexander.

Eumenes dikatakan memiliki kelincahan dan kekuatan yang hebat, dengan kecerdasan yang luar biasa melengkapi kualitas fisiknya.