Find Us On Social Media :

Pantas Ikut Jadi Kebanggaan Malaysia, Ternyata Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya Sampai Jadi Bukti Kehebatan Bangsa Melayu di Asia Tenggara Gara-Gara Peninggalan Super Megah Ini

By Afif Khoirul M, Senin, 31 Januari 2022 | 15:56 WIB

Perdagangan di kerajaan sriwijaya mengalami kemajuan yang pesat

Intisari-online.com - Kerajaan Majapahit dan Sriwijaya tercatat menjadi kerajaan yang berhasil menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara.

Dua kerajaan ini memang memiliki kekuatan sebagai penjelajah lautan dan wilayah maritim yang luas.

Hal ini pun sampai dibesar-besarkan oleh media Malaysia Astro Awani, yang menunjukkan kehebatan Sriwijaya dan Majapahit sebagai bukti kehebatan bangsa Melayu.

Selain kemampuanya mengarungi lautan, sejumlah besar peninggalan kerajaan kuno di Indonesia pun ikut disorot.

Orang Melayu telah lama melupakan struktur menakjubkan yang dibangun oleh nenek moyang mereka, baru kemudian ditemukan kembali oleh penjelajah dan sejarawan Eropa.

Monumen-monumen ini berusia berabad-abad dan sebagian besar berupa bangunan dan kompleks candi.

Candi Borobudur misalnya, merupakan monumen kuno terbesar yang pernah didirikan di belahan bumi selatan.

Candi ini dibangun dalam rentang waktu 75 tahun pada masa pemerintahan Maharaja Samaratungga pada tahun 825 M.

Kerajaan Sriwijaya juga dikatakan telah membangun Candi Muara Takus raksasa abad kesebelas di kedalaman hutan hujan Riau, Sumatera.

Baca Juga: Dibentuk Setelah Runtuhnya Kerajaan Majapahit, Inilah Sejarah Kerajaan Gianyar, Bermula dari Buronnya Anak Raja Tampan yang Bikin Kepincut Istri Raja Lain di Pulau Bali

Baca Juga: Malaysia Saja Ikut Bangga Meski Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit Berasal dari Indonesia, Ini Alasan Negeri Jiran Memujinya Setinggi Langit Karena Buktikan Kehebatan Bangsa Melayu Ini

Kerajaan Melayu, seorang mantan pengikut Sriwijaya bertanggung jawab dalam pembangunan Kompleks Candi Muara Jambi abad kesebelas di Jambi.