Find Us On Social Media :

Malaysia Saja Ikut Bangga Meski Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit Berasal dari Indonesia, Ini Alasan Negeri Jiran Memujinya Setinggi Langit Karena Buktikan Kehebatan Bangsa Melayu Ini

By Afif Khoirul M, Minggu, 30 Januari 2022 | 15:34 WIB

Majapahit berkuasa di lautan

Intisari-online.com - Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit adalah dua kerajaan Indonesia yang pernah menguasai hampir wilayah Asia Tenggara.

Kehebatan dua kerajaa dari Indonesia tersebut ternyata disoroti oleh media asal Malaysia Astro Awani yang membeberkan betapa hebatnya bangsa Melayu ketika dua kerajaan itu berkuasa.

Sriwijaya adalah kerajaan Melayu bersatu pertama yang mendominasi sebagian besar wilayah Kepulauan Melayu.

Kerajaan yang hilang dan terlupakan ini diingatkan kembali oleh sejarawan Prancis, George Coedes.

Didirikan pada abad ketujuh Masehi oleh Maharaja Melayu Hindu, Dapunta Hyang Sri Jayanasa mendirikan ibu kota Sriwijaya di Palembang.

Terletak dekat dari Selat Malaka dan Selat Sunda.

Sriwijaya menjadi kerajaan aktif dalam pertumbuhan ekonomi dunia pada waktu itu dan makmur dengan terlibat dalam perdagangan yang luas di kamper, cengkeh, cendana, pala dan komoditas berharga lainnya.

Dengan komunitas pedagang dan pedagang dari berbagai belahan Asia, yaitu Cina, India dan Timur Tengah.

Baca Juga: Perdagangan di Kerajaan Sriwijaya Mengalami Kemajuan yang Pesat Terutama Karena Apa?

Baca Juga: Apa Faktor Utama Majapahit Menjadi Kerajaan Besar Agraris dan Perdagangan?

Maharaja Sriwijaya adalah penakluk besar yang menempatkan sebagian besar Asia Tenggara dalam pengaruhnya melampaui wilayah Indonesia modern.

Catatan Arab mencatat bahwa kerajaan Sriwijaya begitu luas sehingga dalam dua tahun kapal tercepat tidak dapat melakukan perjalanan mengelilingi semua pulaunya.