Find Us On Social Media :

Diserukan Mahasiswa dalam Demonstrasi Besar-besaran Tahun 1966, Apa yang Dimaksud dengan Tritura?

By Khaerunisa, Senin, 31 Januari 2022 | 13:10 WIB

Ilustrasi. Apa yang dimaksud Tritura?

Intisari-Online.com - Ribuan mahasiswa turun ke jalan dalam aksi demonstrasi besar-besaran yang menyerukan Tritura sejak 10 Januari 1966 hingga tumbangnya Orde Lama.

Apa yang dimaksud dengan tritura?

Tritura merupakan singkatan dari Tri Tuntutan Rakyat atau tiga tuntutan rakyat yang dirumuskan dan disepakati mahasiswa pada tahun 1966.

Tiga tuntutan ini kemudian disampaikan dalam demonstrasi agar dipenuhi oleh pemerintahan Presiden Soekarno. Berikut ini isi Tritura:

1. Bubarkan Partai Komunis Indonesia (PKI)2. Bersihkan Kabinet Dwikora dari unsur-unsur yang terlibat G30S3. Turunkan harga

Sejarah lahirnya Tritura dilatarbelakangi oleh situasi politik dan ekonomi sekitar tahun 1960-an.

Baca Juga: Peristiwa Penting Bagi Sejarah Bangsa Indonesia, Apa Peran Pelajar dan Mahasiswa dalam Aksi Tritura?

Baca Juga: Pantas Sampai Akui Menyesal Setengah Mati Telah Selamatkan Istrinya dari Kebakaran, Pria Ini Ditinggalkan Justru Gara-gara Pengorbanan yang Telah Dilakukannya Itu

Dalam Buku Gerakan Mahasiswa 1966 dan 1998 (2011) yang diterbitkan Kemenparekraf tertulis bahwa kondisi politik di Indonesia dari tahun 1960 sampai dengan 1965 diwarnai oleh konstelasi tiga kekuatan politik.

Tiga kekuatan besar yang berkembang pada saat itu berpusat pada Soekarno, ABRI (Angkatan Darat) dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Ketidakstabilan politik kemudian menyebabkan menurunnya kepercayaan rakyat kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Belum lagi kebijakan Presiden Soekarno yang membuat Indonesia dijauhi negara barat karena sikap anti neokolonialisme dan neoimperialisme menyebabkan posisi Indonesia semakin sulit.