Find Us On Social Media :

Peristiwa Penting Bagi Sejarah Bangsa Indonesia, Apa Peran Pelajar dan Mahasiswa dalam Aksi Tritura?

By Khaerunisa, Sabtu, 29 Januari 2022 | 19:15 WIB

Unjuk rasa Tritura pada tahun 1966.

Intisari-Online.com - Apa peran pelajar dan mahasiswa dalam aksi Tritura?

Hari Tritura kini diperingati setiap tanggal 10 Januari.

Itu merupakan tanggal di mana Tritura pertama kali dikumandangkan.

Tritura merupakan singkatan dari Tri Tuntutan Rakyat atau tiga tuntutan rakyat.

Lahirnya Tritura dilatarbelakangi oleh kondisi politik dan ekonomi Indonesia sekitar tahun 1960-an.

Dalam Buku Gerakan Mahasiswa 1966 dan 1998 (2011) yang diterbitkan Kemenparekraf tertulis bahwa kondisi politik di Indonesia dari tahun 1960 sampai dengan 1965 diwarnai oleh konstelasi tiga kekuatan politik.

Tiga kekuatan besar yang berkembang pada saat itu berpusat pada Soekarno, ABRI (Angkatan Darat) dan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Ketidakstabilan politik kemudian menyebabkan menurunnya kepercayaan rakyat kepada pemerintah dalam menjalankan roda pemerintahan.

Baca Juga: Para Mahasiswa Tuntut Presiden Soekarno Memenuhinya, Inilah Isi Tritura yang Muncul di Akhir Pemerintahan Orde Lama

Baca Juga: Hari Lahir Anda, Cerminkan Watak Kepribadian Anda Menurut Perhitungan Primbon Weton Jawa, Salah Satunya Cerminkan Pendirian yang Tidak Tetap

Belum lagi kebijakan Presiden Soekarno yang membuat Indonesia dijauhi negara barat karena sikap anti neokolonialisme dan neoimperialisme menyebabkan posisi Indonesia semakin sulit.

Sikap itu membuat Indonesia akhirnya kehilangan dukungan internasional baik di bidang politik maupun ekonomi.  Puncaknya adalah pada malam gerakan 30 September (G30S).