Find Us On Social Media :

Seluruh Eropa Was-was Perang Rusia-Ukraina, Rusia Malah Kerahkan Pesawat Tempur Su-35 ke Wilayah Satu-satunya Negara Sekutunya Ini, Ada Apa?

By Tatik Ariyani, Kamis, 27 Januari 2022 | 09:20 WIB

Sukhoi SU-35 Rusia

Intisari-Online.com - Di tengah kekhawatiran tentang kemungkinan invasi Rusia ke Ukraina, Rusia meluncurkan latihan besar-besaran dengan sekutu satu-satunya di wilayah tersebut, Belarusia.

Pasukan telah dipindahkan dari Timur Jauh Rusia ke perbatasan Belarusia dengan Ukraina di tengah meningkatnya ketegangan.

Jet tempur Rusia juga telah terbang ke Belarusia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Angkatan Udara sedang merelokasi pesawat tempur multiperan Su-35 ke Belarusia sebagai bagian dari inspeksi pasukan reaksi Negara Serikat, melansir The EurAsian Times, Rabu (26/1/2022).

“Awak pesawat tempur multi-peran Su-35S dari Distrik Militer Timur, yang terlibat dalam memeriksa pasukan respons dari Negara Serikat, terus pindah ke lapangan terbang Belarusia,” kata MOD Rusia.

Para kru melakukan pendaratan menengah di lapangan terbang distrik militer Tengah dan Barat untuk mempersiapkan misi berikutnya dan bersantai, menurut kementerian.

Jalur penerbangan pesawat tempur multi-peran direncanakan dengan cermat oleh navigator penerbangan, dengan mempertimbangkan kemampuan penerbangan non-stop maksimum pesawat serta kondisi cuaca di sepanjang perjalanan.

“Setelah tiba di lapangan terbang Republik Belarusia, awak pesawat tempur multifungsi Su-35 akan mengambil tugas tempur untuk pertahanan udara sebagai bagian dari pemeriksaan fungsi sistem pertahanan udara terpadu Negara Serikat,” kata kementerian itu.

Baca Juga: Punya Firasat Buruk Jika Berurusan dengan Rusia Bisa Berimbas Fatal? Negara yang Sempat Kirim Pasukan ke NATO Ini Pilih Tarik Kembali Pasukannya Jika Perang Terjadi

Baca Juga: Padahal Jelas Sudah Diperingatkan Barat dan Amerika Rusia Akan Lakukan Serangan Militer, Ukraina Malah Belum Bisa Percaya dengan Situasianya, Sambil Ungkap Hal Ini

Sebelumnya, Wakil Menteri Pertahanan Rusia Alexander Fomin telah mengumumkan bahwa dua batalyon sistem pertahanan udara S-400 dan 12 pesawat tempur Sukhoi-35 akan dikirim ke Belarus untuk berpartisipasi dalam latihan yang dijadwalkan bulan depan untuk menilai kesiapan kekuatan reaksi kolektif Negara Serikat.

Latihan bersama akan dilakukan di perbatasan barat Belarusia dan di Rusia selatan, yang berbatasan dengan Ukraina, menurut presiden otokratis Belarusia, Alexander Lukashenko.