Find Us On Social Media :

Perkasa dan Pernah Kuasai Asia Tenggara, Kerajaan Sriwijaya Justru Pernah Dibuat Babak Belur Kerajaan India Ini, Bahkan Menjadi Penyebab Awal Mula Kehancuran Sriwijaya?

By Afif Khoirul M, Jumat, 21 Januari 2022 | 08:51 WIB

(Ilustrasi) Kerajaan Sriwijaya

Intisari-online.com - Sriwijaya merupakan salah satu kerajaan kuat yang pernah berdiri di Indonesia sebelum Majapahit.

Menurut catatan kuno, Sriwijaya memiliki pengaruh luas mencakup Asia Tenggara, terkenal sebagai kerajan dagang dan maritim.

Namun, Sriwijaya pernah berselisih dengan kerajaan dari India karena kesalahpahaman, hingga menyebabkan jatuhnya Sriwijaya.

Menurut Freemalaysiantoday, penyebabnya adalah kedatangan Dinasti Chola dari India yang memasuki wilayah perairan Asia Tenggara.

Kembali ke masa 300 SM, ketika dinasti Tamil Chola pertama kali muncul di India selatan.

Setelah menjelajah Samudra Hindia, Chola secara bertahap mengukir kerajaan maritim dan perdagangan yang kuat, memanfaatkan posisi mereka sebagai titik tengah antara China dan Roma.

Saai itu dimulailah zaman keemasan Tamil yang dilambangkan dengan seni dan budaya yang berkembang.

Namun, Chola tidak segan untuk menggunakan peperangan di dalam penjelajahan mereka.

Baca Juga: Kisah Kerajaan Sriwijaya Bikin Geram Kerajaan India Sampai Menyebabkan Peperangan, Penyebabnya Cuma Perkara Hubungan Sriwijaya dan China Ini

Baca Juga: Majapahit Malah Tak Masuk Daftar, 4 Kerajaan Asal Indonesia Ini Masuk Kerajaan Terlama di Dunia, di Antaranya Ada Kerajaan-kerajaan Islam Ini

Seperti yang terjadi, Rajendra Chola I, juga dikenang sebagai Rajendra Agung, adalah satu-satunya kaisar yang memiliki banyak ambisi militeristik.

Sebagai Putra Mahkota, ia secara efektif menyatukan India selatan dan Sri Lanka di bawah pemerintahan Chola.