Find Us On Social Media :

3 Tips Sederhana Mengejar Resolusi Sehat di Tahun 2017

By Ade Sulaeman, Kamis, 29 Desember 2016 | 15:33 WIB

5 Resolusi Kesehatan di Tahun Baru

Intisari-Online.com - Mengawali tahun baru, saya yakin banyak orang, mungkin termasuk anda, memiliki resolusi untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat demi meningkatkan kesehatan, stamina, vitalitas tubuh, atau mungkin demi mendapatkan bentuk badan ideal dengan perut rata atau six pack.

Karena itu, berikut adalah beberapa tips bagi anda untuk memulai perjalanan anda me-realisasi-kan resolusi tahun 2017 anda.

(Ini Dia, Empat Resolusi Menarik Bagi Para Pelari)

1. Jangan mengikuti pola atau gaya hidup yang terlalu ekstrim

Gaya hidup demikian mungkin akan memberikan hasil yang cepat pada permulaan, tapi kemungkinan anda bertahan cukup lama dengan strategi demikian sangatlah kecil. Lebih sering (hampir setiap kali), anda akan tidak tahan terlebih dahulu sebelum tujuan anda tercapai.

Dan ini bukan soal kurang dedikasi atau komitmen, melainkan caranya yang memang terlalu ekstrim dan tak bisa diikuti dalam jangka panjang

2. Pelan-pelan perkenalkan diri anda ke pola latihan rutin

Take it slow, step by step! Singkatnya, di permulaan, anda tak perlu memforsir diri anda dalam latihan. Gunakan teknik wait and see dimana anda coba latihan dengan intensitas menengah dan lihat bagaimana respon badan anda.

Tak ada gunanya anda menggunakan intensitas maksimal dan jatuh sakit dalam waktu 2 hari atau segala otot dan sendi sakit, pegal, dan nyeri-nyeri. Akhirnya, tujuan anda mengikuti pola latihan rutin tak akan tercapai.

(Tradisi Tahun Baru di Beberapa Negara)

3. Kesabaran dan konsistensi adalah kunci keberhasilan

Mengejar bentuk badan ideal, perut rata, six pack, apapun itu bukanlah tujuan jangka pendek. Dibutuhkan waktu untuk mencapai itu semua. Bisa dibilang, mencapai bentuk badan ideal mirip dengan periode kehamilan, mau bagaimanapun, akan butuh waktu dan bila kita coba mempercepat prosesnya, hal buruk justru biasanya terjadi.

Kunci keberhasilannya disini menyerupai sebuah marathon, kesabaran dan konsistensi yang akan memenangi perlombaan. Jadi, berusahalah dengan maksimal dan harapkan sebuah hasil yang konsisten, bukan yang cepat. (Coach Tobias / Fitness Indonesia)