Find Us On Social Media :

China Kecolongan, Kapal Induk Liaoning Kebanggaannya Bisa Dipotret Angkatan Laut AS dengan Mudah, Kelemahan Kapal Tersebut pun Terungkap

By Tatik Ariyani, Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:31 WIB

Kapal induk China Liaoning

Intisari-Online.comLiaoning merupakan kapal induk Tipe 001 China yang pertama ditugaskan ke Angkatan Laut Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN).

Liaoning awalnya diklasifikasikan sebagai kapal pelatihan, dimaksudkan untuk memungkinkan Angkatan Laut untuk bereksperimen, melatih dan mendapatkan keakraban dengan operasi kapal induk.

Menyusul peningkatan dan pelatihan tambahan pada akhir 2018, media pemerintah China mengumumkan bahwa kapal tersebut akan beralih ke peran tempur pada 2019.

Namun, simbol prestise dan kekuatan Angkatan Laut China, kapal induk Liaoning tersebut tampaknya memiliki beberapa keterbatasan operasional, menurut seorang Komandan Angkatan Laut AS.

Pengungkapan ini termasuk rincian gambar kapal induk Liaoning China yang diambil dari kapal perusak berpeluru kendali USS Mustin selama pertemuan jarak dekat di Laut China Selatan yang disengketakan tahun lalu.

Saat menceritakan insiden itu, Wakil Laksamana Roy Kitchener, komandan Angkatan Laut AS, mengklaim kapal induk China bergantung pada pada “pembatasan operasi.”

Melansir The EurAsian Times, Sabtu (15/1/2022), USS Mustin membuntuti Liaoning dan mampu memotret dan mengamati kapal induk tersebut, katanya.

Dia mengungkapkan pada konferensi tahunan Asosiasi Angkatan Laut Permukaan pada hari Selasa bahwa anggota awak AS "menyadari bahwa di beberapa titik semua pengawalan China semacam mundur" karena "ada beberapa pembatasan operasi yang mereka miliki di sekitar kapal induk".

Baca Juga: Bisnis 'Tak Lazim' Sebuah Desa di China, Warganya Nekat Jadi Peternak Ular Lantaran Alasan Ini, Ada Ratusan Ekor Macam Ular hingga yang Beracun Sengaja Dikembangbiakkan

Baca Juga: Gunakan Wanita Cantik Untuk Tiduri Politisi Inggris, Terkuak Intrik Mata-Mata China Halalkan Segala Cara Termasuk Uang dan Wanita Cuma Demi Mencapai Tujuan Ini

“USS Mustin tidak memiliki (pembatasan) itu,” katanya. “Mereka terus masuk, menemukan tempat yang bagus, dan duduk di samping mengambil gambar dan melakukan hal-hal lain untuk waktu yang cukup lama.”

Kapten dan wakil komandan USS Mustin duduk berdampingan dalam satu jepretan, mengawasi Liaoning, yang hanya beberapa kilometer jauhnya.