Find Us On Social Media :

Sesumbar Lebih Baik dalam Penyelenggaraan Olimpiade, China Malah Bisa Jadi Sumber Covid-19 Varian Baru Setelah Ledakan Kasus Omicron Menjelang Perhelatan Olahraga Internasional Ini

By May N, Senin, 10 Januari 2022 | 16:00 WIB

Warga Tianjin, China, yang mengantri untuk tes Covid-19

Intisari - Online.com - Pejabat-pejabat di Beijing sedang menghadapi kondisi genting beberapa minggu dari dimulainya Olimpiade Musim Dingin, setelah penularan lokal pertama Omicron terjadi di kota pelabuhan utara Tianjin ke provinsi pusat Henan.

Tianjing, berlokasi 80 mil tenggara Beijing kini sedang menguji seluruh populasi dari 14 juta warganya setelah Omicron terdeteksi di dua warga lokal Sabtu lalu.

Penularan ini menjadi penularan lokal Omicron pertama di China.

Melansir CNN, kota tersebut melaporkan setidaknya 40 kasus positif di akhir minggu, termasuk 24 anak kecil walaupun otoritas kesehatan belum mengkonfirmasi apakah mereka terinfeksi dengan Omicron.

Otoritas Tianjing bergerak cepat untuk menempatkan 29 komunitas lokal di bawah aturan lockdown yang ketat.

Mereka juga memerintahkan warga tidak meninggalkan kota kecuali sangat perlu.

Bagi mereka yang ingin meninggalkan kota arus memiliki hasil tes negatif Covid-19 48 jam dan mendapatkan persetujuan dari pemberi mereka kerja atau kantor pemerintah setempat.

Namun virus sudah menyebar jauh ke luar kota itu.

Baca Juga: Jakarta Catat Meluasnya Penularan Omicron, Covid-19 Aktif Hampir Tembus 2.000 Kasus

Baca Juga: Gawat, Tak Hanya Varian Omicron, Rupanya WHO Peringatkan Ada Mutasi Covid-19 yang Lebih Serius, Varian Baru Virus Corona Ini Mengandung 46 Mutasi

Media pemerintah melaporkan pada hari Senin jika ada dua lagi kasus Omicron yang telah diidentifikasi di kota Anyang, provinsi Henan, lebih dari 300 mil dari Tianjin.

Pengurutan genom dari virus menemukan jika virus itu sama dengan yang menular ketika terjadi wabah di Tianjin menurut otoritas kesehatan Henan.