Find Us On Social Media :

Saat Seluruh Dunia Mulai Bersuka Cita Akan Wabah Covid-19 yang Perlahan Menghilang, China Justru di Ambang Kekacauan 13 Juta Penduduknya di Kunci Kembali Gara-gara Virus Corona

By May N, Jumat, 7 Januari 2022 | 15:22 WIB

Kondisi kota Xi'an yang kini dikunci ketat karena pemerintah kota di China ini takut dengan ledakan kasus Covid-19

Intisari - Online.com - Kasus ibu hamil delapan bulan yang kehilangan bayinya karena peraturan pencegahan Covid-19 hanyalah salah satu dari banyak masalah yang dihadapi otoritas kota Xi'an, China karena kota berpenduduk 13 juta orang itu menerapkan blokade ketat.

The Global Times pada 7 Januari melaporkan bahwa dalam kondisi terbaru, kota Xi'an, provinsi Shaanxi, China, telah dikunci sejak 23 Desember 2021.

Kota berpenduduk 13 juta orang itu mencatat 1.856 infeksi Covid-19 antara 9 Desember 2021 dan 6 Januari 2022.

Pejabat kesehatan setempat pada 6 Januari mengatakan bahwa kota tersebut pada dasarnya telah mengendalikan epidemi dan memasuki tahap akhir untuk mendorong kembali wabah terbaru.

Namun, menurut Global Times, sejak blokade, kota Xi'an mengalami kekacauan dan banyak keluhan.

Misalnya, beberapa unggahan online mengeluhkan bahwa transportasi kontak dekat berisiko tinggi sangat buruk dan kondisi di pusat-pusat isolasi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Yang terbaru adalah kasus yang menimbulkan kegemparan di opini publik China pada 5 Januari, ketika seorang wanita hamil berusia 8 bulan kehilangan bayinya karena harus menunggu di luar rumah sakit swasta setempat selama 2 jam karena tidak ada konfirmasi darinya hasil tes negatif untuk Covid-19.

Wakil Perdana Menteri China Sun Chunlan mengatakan pada 6 Januari bahwa dia merasa sedih atas insiden tersebut.

Baca Juga: Gawat, Tak Hanya Varian Omicron, Rupanya WHO Peringatkan Ada Mutasi Covid-19 yang Lebih Serius, Varian Baru Virus Corona Ini Mengandung 46 Mutasi

Baca Juga: Terlihat Ganas Bisa Kerahkan Ribuan Pasukan Plus Senjata Militer Untuk Hancurkan Ukraina, Siapa Sangka Aslinya Rusia Sedng Dalam Kondisi Mengerikan Ini

Ton menambahkan bahwa insiden yang tidak menguntungkan telah menunjukkan kesenjangan dalam pencegahan dan pengendalian epidemi, meninggalkan pelajaran yang mendalam.

Menurut Wakil Perdana Menteri China, perang melawan epidemi adalah untuk melindungi kehidupan dan kesehatan masyarakat.