Find Us On Social Media :

Berlagak Bagai Tuhan dengan Ciptakan Sumber Energi Buatan, Inilah Matahari Raksasa Buatan China yang Konon 5 Kali Lebih Panas dari Aslinya

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 4 Januari 2022 | 16:24 WIB

Matahari Buatan China

Intisari-Online.com - Reaktor fusi nuklir Eksperimental Superkonduktor Tokamak atau "Matahari Buatan" China , telah berhasil mempertahankan suhu 70 juta derajat Celcius (5 kali lebih panas dari inti Matahari) dalam 1.056 detik (17 menit 36 ​​detik).

Ini adalah periode terlama pemeliharaan panas terus menerus dari puluhan juta derajat Celcius di antara semua matahari buatan di seluruh dunia, Yahoo News melaporkan pada 3 Januari.

"Keberhasilan ini menciptakan landasan ilmiah dan eksperimental yang kuat untuk operasi masa depan reaktor ini untuk industri," kata Gong Xianzu, pakar penelitian di Institut Fisika Plasma dari Akademi Ilmu Pengetahuan.

Baca Juga: Tak Hanya Pada Zaman Modern Saja, Terkuak, Sejak Zaman Majapahit Ternyata Nusantara Sudah Punya Utang Pada China, Terkuak Inilah Jumlah Utang Majapahit Ke China

 

Tujuan akhir dari pengembangan "matahari buatan" adalah untuk menyediakan sumber energi bersih yang hampir tak terbatas dengan meniru reaksi fusi.

Yakni menggunakan gas hidrogen dan deuterium sebagai bahan bakar untuk membakar seperti Matahari, menurut Tan Hoa Xa.

Pada Mei 2021, reaktor China juga berhasil mempertahankan suhu hingga 160 juta derajat Celcius (10 inti kali Matahari) selama 20 detik.

Baca Juga: Seisi Dunia Menahan Napas! Ancaman Konflik Amerika-China Ternyata Bisa Berubah Jadi Perang Nuklir, Jumlah Senjata Nuklir China Sudah Kalahkan Negeri Paman Sam