Find Us On Social Media :

Tak Hanya Biaya Buruh yang Rendah, Ternyata Ini 6 Alasan Kenapa Banyak Produk 'Made in China' Mendunia

By Muflika Nur Fuaddah, Sabtu, 1 Januari 2022 | 15:06 WIB

(Ilustrasi) Produk Made in China

Intisari-Online.com - Seperti yang Anda ketahui, berbagai produk negara China nampaknya ada di mana-mana.

Barangkali hal ini juga sempat membuat Anda bertanya-tanya, mengapa 'semua' produk made in China

Ternyata alasannya tidak sekedar biaya tenaga kerja yang rendah.

Melansir Kompas.com, berikut beberapa alasan kenapa banyak produk made in China di dunia:

Baca Juga: Media Rusia Bocorkan Penampakan Tank yang Mengambang di Laut Natuna Indonesia, Terkuak Desainnya Disebut Menyerupai Senjata Militer Milik China dan Amerika Ini, Asa-Usulnya Masih Misterius!

 

1. Rendahnya kepatuhan hukum

Pabrik-pabrik asal China dikenal tidak mengikuti sebagian besar undang-undang dan pedoman dasar mengenai pekerja anak, pekerja paksa, kesehatan dan keselamatan pekerja, udang-undang upah minimum, dan perlindungan lingkungan.

Secara historis, pabrik-pabrik China telah mempekerjakan pekerja anak, menereapkan jam kerja yang panjang, dan tidak memberikan asuransi kompensasi kepada pekerja.

Beberapa pabrik bahkan memiliki kebijakan di mana pekerja dibayar setahun sekali sebagai sebuah strategi untuk mencegah pekerja berhenti sebelum akhir tahun.

Dihadapkan dengan kritik-kritik mengenai hal tersebut, pemerintah China mengklaim telah melembagakan reformasi yang melindungi hak-hak pekerja dan memberikan kompensasi yang lebih adil.

Baca Juga: Berasal dari Perahu Putra Mahkota Kerajaan Luwu yang Lamar Gadis China, Inilah Kisah di Balik Pembuatan Perahu Phinisi, Perahu Tradisional Khas Suku Bugis yang Mendunia