Find Us On Social Media :

Mayat-Mayat Dibiarkan Membusuk di Tanah, Tradisi Pemakaman Trunyan Bali Ini Ternyata Milik Penduduk Asli Bali Sebelum Kedatangan Majapahit, Namun Begini Asal-Usul Tradisinya

By Afif Khoirul M, Kamis, 30 Desember 2021 | 16:10 WIB

Pemakaman di Trunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Intisari-online.com - Trunyan adalah sebuah desa di Pulau Bali, Indonesia yang memiliki praktik pemakaman yang unik.

Mayat di kampung ini tidak dimakamkan, atau dikremasi, melainkan diletakkan di tanah seperti biasa.

Penduduk desa Trunyan yang mempraktekkan adat pemakaman ini adalah masyarakat Bali Aga yang dianggap sebagai penduduk asli Bali.

Trunyan terletak di pantai timur Danau Batur, di Bangli, sebuah kabupaten di Bali tengah.

Baca Juga: Informasinya Begitu Sedikit Namun Perannya Tak Kalah Besar, Siapa Sangka Inilah Sosok-sosok Perempuan Hebat di Balik Kesuksesan Majapahit Taklukan Nusantara

Danau Batur adalah sebuah danau kawah yang terletak di seberang gunung berapi aktif, Gunung Batur.

Trunyan adalah salah satu desa milik orang Bali Aga, yang banyak ditemukan di Kabupaten Karangasem, di bagian timur pulau.

Bali Aga dianggap sebagai penduduk asli Bali, yang menetap di pulau itu sebelum munculnya Kerajaan Majapahit.

Sekitar abad ke-14 M, Kerajaan Majapahit berkembang ke Bali dan beberapa penduduknya bermigrasi ke pulau itu.

Baca Juga: Pantas Saja Majapahit Sangat Disegani di Bali, Bahkan Namanya pun Kondang di Pulau Dewata, Tak Disangka Inilah Sisa-sisa Jejak Gajah Mada saat Majapahit Kuasai Pulau Itu

Mayoritas orang Bali saat ini menelusuri asal-usul mereka dari para pemukim Majapahit ini.

Sebuah mitos terkenal yang menjelaskan asal-usul berdirinya desa Tenganan, Pegringsingan, Trunyan, dan Pedawa didirikan oleh orang suci bernama Rsi Markandeya.

Menurut mitos ini, orang suci yang berasal dari Gunung Raung di Jawa Timur, tiba di Bali pada abad ke-8 M dengan beberapa ratus pengikut untuk membentuk komunitas.

Sayangnya, wabah penyakit melanda dan sebagian besar pengikut Rsi Markandeya tewas.

Beberapa tahun kemudian, orang suci kembali ke Bali dengan 400 orang dari desa Aga.

Di sebuah situs di lereng Gunung Agung (gunung berapi aktif lainnya, terletak di sebelah tenggara Gunung Batur).

Rsi Markandeya melakukan pancadatu, upacara untuk mengubur lima logam emas, perak, besi, tembaga, dan batu mulia.

Situs tempat upacara berlangsung sekarang dikenal sebagai Pura Besakih.

Baca Juga: Jadi Satu-Satunya Wanita Penguasa Majapahit, Siapa Sangka Sosok Tribhuwana Tunggadewi Sampai Membingungan Para Ilmuwan, Informasinya Begitu Sedikit Namun Perannya Begitu Besar

Rsi Markandeya juga berjasa memperkenalkan lembaga-lembaga dasar masyarakat Bali, termasuk irigasi dan desa.

Sedangkan tradisi pemakaman Trunyan ini dikatakan menurut legenda, wewangian Taru Menyan menyebar begitu jauh hingga menghipnotis empat bersaudara dari Keraton Surakarta yang sedang melakukan perjalanan mengarungi lautan.

Saudara-saudara mengikuti bau itu dan tiba di Trunyan.

Kakak laki-laki tertua jatuh cinta dengan roh penjaga pohon, menikahinya, dan mendirikan kerajaan kecil di Trunyan.

Raja ini masih dipuja sampai sekarang sebagai dewa yang dikenal sebagai Ratu Sakti Pancering Jagat.

Bagaimanapun, raja menyadari bahwa aroma manis Taru Menyan dapat membahayakan kerajaannya, karena dapat membawa musuh yang bermusuhan ke situs tersebut, seperti yang terjadi pada dirinya dan saudara-saudaranya.

Oleh karena itu, raja memutuskan bahwa sejak hari itu dan seterusnya, orang-orang yang meninggal di kerajaannya tidak boleh dikuburkan, tetapi dibiarkan membusuk di bawah Taru Menyan.

Dengan begitu, aroma pohon tidak akan menyebar ke luar negeri.

Baca Juga: Berkat Mpu Nala, Angkatan Laut Majapahit Tersohor hingga Asia Tenggara, Kapal Perangnya Tangguh di Lautan padahal Hanya Berbekal Bongkar Rahasia Kapal Tentara Mongol

Pada saat yang sama, bau manis akan menghilangkan bau mayat.

Menariknya, Ratu Sakti Pancering Jagat juga terhubung dengan Gunung Batur, dan dianggap sebagai pelindung Trunyan.

Ini tidak mengejutkan, karena perannya dalam mitos pendirian desa, serta kekuatan gunung berapi sebagai kekuatan alam.

Dewa ini dikenal juga sebagai Datonta dan di tempat yang hanya dapat diakses oleh penduduk desa Trunyan ini berdiri patung dewa megalitik.