Find Us On Social Media :

Sudah 100 Orang Tewas Jadi Korbannya, Penyakit Aneh Mendadak Muncul di Negara Ini, WHO Sudah Turun Tangan, Namun Malah Menghilang Tanpa Pesan

By Afif Khoirul M, Kamis, 30 Desember 2021 | 06:55 WIB

Penyakit misterius muncul di Sudan.

Intisari-online.com - Covid-19 awalnya hanya sebuah penyakit aneh yang mendadak muncul di China, namun berubah menjadi malapetaka bagi seluruh dunia.

Kini fenomene nyaris sama juga terjadi di mana ada 100 orang meninggal akibat penyakit misterius di Sudan ini.

Pada 28 Desember, "penyakit aneh" itu telah merenggut nyawa sedikitnya 97 orang di Fangak, negara bagian Jonglei, Sudan Selatan utara, menurut Mirror.

Catatan, ini hanya statistik dari rumah sakit, pusat kesehatan dan dokter di Sudan Selatan.

Baca Juga: Digadang-gadang Sanggup Menahan Laju Penyebaran Virus Corona, Strategi Nol Covid China Malah Jadi Senjata Makan Tuan, Satu Kota Kembali 'Ditutup' Karena Wabah Baru

Kementerian Kesehatan Sudan Selatan mengungkapkan bahwa penyakit misterius itu terutama menyerang orang tua dan anak-anak di bawah 14 tahun, yang memiliki kesehatan dan sistem kekebalan yang buruk.

Gejala "penyakit aneh" tersebut antara lain batuk, diare, demam tinggi, sakit kepala, nyeri sendi, kehilangan nafsu makan, lemas, dan nyeri dada.

Ini adalah gejala penyakit yang umum, menyebabkan orang dengan "penyakit aneh" menjadi subjektif dan mencari perawatan di rumah daripada pergi ke fasilitas medis untuk perawatan.

Pada 14 Desember, WHO mengumumkan bahwa mereka telah mengirim tim respon cepat ke Sudan Selatan untuk menyelidiki "penyakit aneh".

Baca Juga: Kisah Pasukan Gerombolan Emas: Kumpulan Bangsawan Muslim Turki dan Mongol Keturunan Genghis Khan, Menghadapi 'Wabah Hitam' hingga Tak Bersisa karena Ini