Find Us On Social Media :

Pantas Bumi Nusantara Mengundang Banyak Kapal Asing untuk Singgah, Ternyata Kerajaan Majapahit Menguasai Industri Ini Pada Zamannya

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 29 Desember 2021 | 12:39 WIB

Majapahit berkuasa di lautan

Intisari-Online.com - Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berpusat di Jawa Timur yang pernah berdiri sekitar tahun 1293 hingga 1527 M.

Penguasaan Kerajaan Majapahit terhadap wilayah maritimnya bukan hanya disebabkan oleh kegiatan perdagangan berdasarkan letak geografis yang strategis, namun juga disebabkan oleh penguasaan industri.

Permintaan pasar Asia dan dunia terhadap produk Nusantara juga bukan hanya terhadap hasil tanaman tropis, tetapi juga terhadapproduk industri.

Yakni seperti alat logam untuk peralatan rumah tangga, pertanian, persenjataan, dan pertukangan; serta produksi tekstil berupa kain tradisional dan perhiasan emas maupun perak.

Baca Juga: Capai Puncaknya pada Masa Pemerintahan Hayam Wuruk, Tiga Bidang Ini Buktikan Keberadaan Kerajaan Majapahit di Puncak Kejayaan, Hasil Seninya Bahkan Diminati Sampai Sekarang

Hal itu mengundang banyak kapal-kapal asing yang singgah di bumi Nusantara untuk melakukan perdagangan.

Sebagai kerajaan maritim, angkatan laut yang kuat adalah prasyarat wajib untuk menjamin stabilitas dan kelangsungan suatu kerajaan.

Majapahit mempunyai angkatan laut yang kuat untuk mempertahankan penguasaan terhadap wilayah maritimnya.

Baca Juga: Minta Bantuan Tiongkok, 3 Orang Raja di Nusantara Pernah Membelot dari Majapahit dan Akhirnya Dibinasakan Majapahit dengan Cara Begini