Jadi Istimewa Tahun yang Berakhir pada Angka ‘22’ di Mesir, Adakah Hubungan Segitiga Aneh Antara Batu Rosetta, Makam Tutankhamun, dan Tahun 2022?

K. Tatik Wardayati

Penulis

(ilustrasi) Howard Carter dengan mumi Firaun Tutankhamun.

Intisari-Online.com – Mesir akan meresmikan Museum Besar Mesir pada 2022, seratus tahun setelah penemuan makam Tutankhamun dan dua ratus setelah penguraian teks-teks batu Rosetta.

Tahun yang berakhir pada 22 adalah istimewa di Mesir.

Hal tersebut bukan legenda lama dari zaman Firaun, tetapi merupakan kebetulan yang datang dari masa lalu.

Pada tahun 1822, Ahli Mesir Kuno Prancis Jean-Francois Champollion mengumumkan di Paris penguraian teks hieroglif Mesir dari Batu Rosetta, yang ditemukan pada tahun 1799 di Delta Nil.

Baca Juga: Pantas Saja Banyak Digunakan Para Firaun Mesir, Jimat dengan Desain Serangga Kumbang dan Kotorannya Ini Punya Makna Tersendiri bagi Ritual di Mesir Kuno

Batu itu berasal dari 196 SM, dan penelitian memungkinkan menjelaskan peradaban itu, menguraikan bahasa Mesir Kuno dan tulisan hieroglif.

Dan itu ada di British Museum.

Pada tahun 1922, arkeolog Inggris Howard Carter menemukan makam Tutankhamun di Lembah Para Raja, penemuan arkeologi terbesar sepanjang masa.

Itu menampung sekitar 5.400 potongan yang tak ternilai, termasuk topeng penguburan yang terkenal, yang saat ini disimpan di Museum Mesir di Kairo.

Baca Juga: Misteri Gesper Emas Tutankhamun, Gambarkan Raja Mesir Kuno Kampanye Militer ke Asia dan Berburu Binatang dengan Gunakan Kereta Ringan yang Ditarik ‘Kuda’ Hidup

Pada tahun 2022, untuk menyelesaikan segitiga ini, Museum Besar Mesir (GEM) akan diresmikan, museum arkeologi terbesar di dunia yang didedikasikan untuk satu peradaban, di mana satu miliar dollar telah diinvestasikan, terletak dua kilometer di sebelah barat piramida Giza.

Pada tahun 2022 akan ada pengumuman lain untuk menutup tahun 2021, melansir historicaleve.

Seperti yang dikatakan Menteri Pariwisata dan Arkeologi Mesir, Khaled El-Enany, pada konferensi pers di Madrid beberapa hari lalu, “kami akan mengumumkan beberapa penemuan baru yang penting.”

Pada tanggal 3 April, 22 mumi, 18 raja dan empat ratu, diangkut dari Museum Mesir ke tempat peristirahatan baru mereka, yaitu Museum Nasional Peradaban Mesir yang baru.

Baca Juga: Patung Tutankhamun Berlapis Emas dengan Harpun, Digunakan untuk Berburu Kuda Nil, Tapi Mengapa Binatang Ini Tidak Ada dalam Patung, Rupanya Alasan Magis Ini Dasarnya

Mereka menyebutnya 'Parade Emas Firaun'.

Pada tanggal 25 November, sebagai bagian dari upacara televisi yang megah, Presiden Abdel Fattah Al-Sisi meresmikan Jalan Sphinx di Luxor, adalah jalan sepanjang 2,7 km.

Jalan tersebut menghubungkan Kuil Karnak dengan Kuil Luxor yang telah ditemukan pada zaman kuno kota Thebes (Luxor modern), dengan patung sphinx, dan patung berkepala domba jantan berjajar di kedua sisinya.

Baca Juga: Misteri Kalung Hering Tutankhamun, Emas Lambang Dewi Pemakan Bangkai yang Ditempatkan di Dada Mumi Mesir, Bukan Digunakan Sebagai Ornamen Belaka, Lalu untuk Apa?

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait