Find Us On Social Media :

Iran Pamer Drone Shahed-136, Ukurannya Kecil Namun Mematikan yang Mampu Menjangkau Jarak 2.000 Km, Siap Bikin Israel Ketakutan

By Tatik Ariyani, Minggu, 26 Desember 2021 | 18:49 WIB

(ilustrasi) Drone Iran Shahed 129

Intisari-Online.com - Selama beberapa hari terakhir, banyak bermunculan gambar peluncur drone Iran yang baru di internet dan di media Iran.

Drone, dijuluki Shahed 136, dikombinasikan dengan rudal dalam latihan yang menurut Iran berlangsung minggu lalu.

Iran menyebut drone jenis ini sebagai “drone bunuh diri” atau drone kamikaze, yang berarti bahwa drone tersebut dapat terbang langsung ke target dan menghancurkan diri sendiri.

Tom O'Connor, menulis untuk Newsweek pada Januari 2021, mencatat: “Citra yang dilihat oleh Newsweek dan dikonfirmasi oleh seorang ahli yang mengikuti aktivitas Iran di wilayah tersebut menunjukkan adanya amunisi Shahed-136 Iran, yang juga disebut 'drone bunuh diri', yang dikerahkan ke provinsi Yaman utara Al-Jawf, sebuah wilayah negara yang dikendalikan oleh Ansar Allah, atau Houthi, gerakan pemberontak Muslim Syiah Zaidi.”

Baca Juga: Israel Makin Gigit Jari, Mati-Matian Ingin Hancurkan Program Nuklir Iran, Secara Tak Terduga Iran Malah Pamerkan 16 Rudal Balistik yang Diledakkan Bersamaan, Ini Tujuannya

Ini adalah pertama kalinya drone jenis ini disebutkan dalam penyebaran di luar negeri.

Sebelum ini, Iran telah membangun drone kamikaze, tetapi jenis khusus ini belum pernah terlihat dalam latihan militer publik sebelumnya.

Menurut media pemerintah Iran, Shahed 136 ada dan bukan hanya drone kamikaze tetapi bahwa Iran telah menciptakan cara baru untuk meluncurkan drone dalam format peluncuran berganda atau drone swarming, melansir The Jerusalem Post, Minggu (26/12/2021).

Kawanan drone tersebut adalah teknologi baru di mana beberapa drone digunakan untuk menyerang target yang dapat mengalahkan pertahanan udara.

Baca Juga: 'Kami Akan Memotong Tangan Mereka', Iran Sengaja Kirim Peringatan Serangan ke Israel dalam Latihan Perang, Inilah Target yang Dituju Iran