Find Us On Social Media :

Pantas Masih Pakai Dollar AS Meski Bikin Harga Kebutuhan Melambung Tinggi, Ternyata Ini Alasan Timor Leste Gunakan Dollar sebagai Mata Uang Resmi

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 19 Desember 2021 | 19:12 WIB

(Illustrasi) Mata uang Timor Leste

Intisari-Online.com - Mengapa Timor Leste memilih dollar AS sebagai mata uangnya dan apa alasannya?

Timor Leste adalah satu dari sedikit negara yang belum memiliki mata uang sendiri.

Sejak lepas dari Indonesia pada 20 Mei 2002, mata uang yang digunakan sebagai mata uang resmi pun berubah.

Dikutip dari laman Peacekeeping Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB), dollar AS dipilih sebagai mata uang resmi di Timor Leste sejak tahun 2000 dengan dikeluarkannya Regulation 2000/7 pada 24 Januari 2000.

Baca Juga: Militer Negaranya Bahkan Sama Sekali Tak Diperhitungkan Dunia, Tentara Timor Leste Tiba-tiba Bekerja Sama dengan Armada Terbesar Angkatan Laut AS, Ada Apa?

Aturan tersebut berbunyi, bahwa semua transaksi resmi harus menggunakan dollar AS.

Namun begitu, masyarakat masih diperbolehkan menggunakan mata uang lain yang juga masih beredar cukup banyak seperti rupiah, bath (Thailand), escudo (Portugis), dan dollar Australia.

Saat itu, UNTAET (PBB) dan pemerintahan transisi Timor Leste beralasan, dollar AS dipilih karena mata uang tersebut stabil dan kuat serta diterima di seluruh dunia.

Keputusan itu kemudian disahkan oleh National Concultative Council (NCC) yang wewenang dan tugasnya mirip dengan MPR RI di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Didekatkan pada Kemerdekaan Usai Peristiwa Santa Cruz yang Tewaskan Ratusan Orang, Rencana Kedatangan Bekas Penjajahnya yang Jadi Awal Mula Tragedi Ini