Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste: Didekatkan pada Kemerdekaan Usai Peristiwa Santa Cruz yang Tewaskan Ratusan Orang, Rencana Kedatangan Bekas Penjajahnya yang Jadi Awal Mula Tragedi Ini

By Khaerunisa, Sabtu, 4 Desember 2021 | 15:35 WIB

Patung Pemuda Timor Leste. Ilustrasi peristiwa Santa Cruz.

Intisari-Online.com - Operasi Seroja yang dimulai pada 7 Desember 1975 mengawali bergabungnya Timor Leste dengan Indonesia untuk 24 tahun selanjutnya, yaitu hingga tahun 1999.

Meski begitu, sejak bergabung dengan Indonesia, rakyat Timor Leste pro-kemerdekaan masih terus berupaya untuk melepaskan wilayah ini dari Indonesia.

Timor Leste akhirnya lepas dari Indonesia melalui referendum yang digelar pada 30 Agustus 1999.

Sebuah tragedi berdarah yang dikenal sebagai Peristiwa Santa Cruz, merupakan peristiwa yang dianggap mendekatkan Timor Leste pada kemerdekaannya.

Baca Juga: Menduduki Wilayah Timor Leste Selama Ratusan Tahun, Begini Sejarah Kehadiran Portugis di Bekas Wilayah Indonesia Ini

Sejak terjadinya peristiwa tersebut, mata dunia tertuju pada Timor Leste yang bertahun-tahun lamanya telah menginginkan kemerdekaan.

Peristiwa Santa Cruz sendiri terjadi pada 12 November 1991.

Itu adalah peristiwa di mana militer Indonesia menembak dan membunuh ratusan warga negara Timor yang tengah berunjuk rasa di Pemakaman Santa Cruz di Dili, ibukota Timor-Leste.

Mencekamnya peristiwa itu berhasil diabadikan oleh seorang jurnalis asing bernama Max Stahl.