Find Us On Social Media :

Pantas Saja Kasus Omicron di Indonesia Bertambah, Ternyata Pasien Terbaru Punya Riwayat Perjalanan dari Negara Sedang Dihantam Lebih dari 10.000 Kasus Omicron Ini

By Mentari DP, Minggu, 19 Desember 2021 | 09:30 WIB

Virus corona varian Omicron sudah masuk Indonesia.

Intisari-Online.com - Pada Kamis (16/12/2021), Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumukan virus corona varian Omicron sudah masuk Indonesia.

Kasus pertama virus corona varian Omicron ini terdeteksi dari tiga orang petugas kebersihan di Wisma Atlet. 

"Ada tiga orang pekerja kebersihan di Wisma Atlet yang pada 8 Desember lalu dites dan hasilnya positif (Covid-19)," kata Budi.

Baca Juga: Jangan Langsung Panik Dengar Omicron Masuk Indonesia, Para Peneliti Beberkan Penemuan Terbaru Antibodi Terkuat yang Paling Ampuh Melawan Varian Baru Ini

"Kemudian, pada 10 Desember dikirim ke Balitbangkes untuk dilakukan genome sequencing."

"Hasilnya keluar pada 15 Desember, yakni dari tiga orang yang positif tadi, satu orang dipastikan terdeteksi (terpapar) varian Omicron," lanjutnya.

Baru tiga hari berlalu, Indonesia kembali melaporkan dua kasus varian Omicron.

Dilansir dari kompas.com pada Minggu (19/12/2021), dua pasien itu adalah IKWJ (42) laki-laki dan M (50) laki-laki.

Berbeda dengan pasien pertama kasus Omicron di Indonesia yang tidak punya riwayat perjalanan dari luar negeri, kedua pasien baru ini memang baru datang dari luar negeri.

Baca Juga: Mulai Sekarang Hati-hati Jika Alami 5 Gejala Sejuta Umat Ini, Walau Sepele Ternyata Kondisi Ini Bisa Jadi Awal Mula Gejala Varian Omicron, Waspada!