Find Us On Social Media :

Gerakan Menuju Smart City 2021 Resmi Ditutup, Kemenkominfo Dukung Pendekatan Kota Pintar untuk Bangkitkan Indonesia

By Tim Konten, Jumat, 17 Desember 2021 | 19:38 WIB

Peluncuran Virtual Exhibition Gerakan Menuju Smart City oleh Menteri Kemenkominfo Johnny G Plate.

Intisari-Online – Gerakan Menuju Smart City 2021 resmi ditutup pada Selasa (14/12/2021). Acara penutupan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang.

Sebagai informasi, Gerakan Menuju Smart City merupakan program tahunan Kementerian Informasi dan Komunikasi (Kemenkominfo) yang sudah bergulir sejak 2017.

Melalui program tersebut, kota dan kabupaten terpilih dibimbing untuk menyusun rencana induk (masterplan) pembangunan kota berbasis inovasi dan teknologi (smart city).

Penutupan Gerakan Menuju Smart City 2021 dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate.

Baca Juga: Kemenkominfo Tingkatkan Kualitas Jaringan Internet hingga 20 Persen Jelang Natal dan Tahun Baru

Pada kesempatan tersebut, Johnny menyampaikan pentingnya pembangunan smart city untuk mendukung transformasi digital merata di seluruh wilayah Indonesia.

Selain itu, Johnny juga memaparkan pentingnya pendekatan smart city untuk mengembangkan sektor pariwisata yang terdampak cukup parah oleh pandemi Covid-19.

“Penerapan teknologi dapat menumbuhkan resiliensi di tengah disrupsi pandemi Covid-19. Salah satunya melalui pilar smart city, yaitu smart branding. (Dengan metode ini) pariwisata dapat lebih mudah disosialisasikan dan dikenal,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Gerakan Menuju Smart City 2021 difokuskan pada kota dan kabupaten yang berada di 10 kawasan wisata prioritas dan ibu kota negara baru.

Baca Juga: Dorong Pembangunan Kota Pintar, Menkominfo: Smart City Jawab Tantangan Kependudukan dan Pariwisata

Adapun 10 kawasan wisata prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Kepulauan Bangka Belitung, Borobudur di Jawa Tengah, Bromo-Tengger-Semeru di Jawa Timur, dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Kemudian, ada Mandalika di Nusa Tenggara Barat, Pulau Morotai di Maluku Utara, dan Wakatobi di Sulawesi Selatan. Likupang di Sulawesi Utara, dan Raja Ampat di Papua.