Find Us On Social Media :

Merajai Lautan, Majapahit Punya Kapal Raksasa 'Jung Java' yang Beroperasi Melintasi Samudera dalam Perniagaan Internasional

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 12 Desember 2021 | 15:32 WIB

Majapahit merajai lautan

Intisari-Online.com - Kekuasaan kerajaan Majapahit sering digambarkan membentang begitu luas.

Namun salah satu yang menjadi kekuatan Majapahit yakni pada budaya kebahariannya, melalui Jung Java, kapal raksasa Jawa.

"Keahlian berlayar dan mengembara lautan, didapatkan secara turun-temurun dari para leluhurnya, para penutur bahasa Austronesia," tulis Asyhadi Mufsi Sadzali sebagaimana dilansir National Geographic.

Ia merupakan salah satu penulis dalam buku berjudul Inspirasi Majapahit yang terbit pada 2014.

Baca Juga: Bukan Gunung Merapi Apalagi Gunung Semeru, Inilah Letusan Gunung di Pulau Jawa Inilah yang Membuat Majapahit Porak-Poranda Hingga Membuat Sisa Peradaban Majapahit Musnah

"Fakta ini diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari para arkeologi yang memperkirakan orang-orang Austronesia berlayar dari tanah asalnya di kepulauan Formosa, Taiwan, menuju pulau-pulau di Nusantara sekitar 3500 SM," tambahnya.

Keberhasilan dan ketangguhan Jung milik Majapahit tentunya tidak terlepas dari teknik pembuatan kapal yang rumit, tetapi menakjubkan.

"Bangsa Austronesia mengembangkan kapal dengan tiang layar berkaki tiga yang dilengkapi cadik sebagai penyeimbang," tulis Bellwood.

"Selain dari bentuk kapal, ekspedisi orang-orang Austronesia didukung dengan perbekalan bahan makanan yang tahan lama, menemani mereka selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan berada di tengah lautan, seperti umbi-umbian, jemawut, dan pisang" tambahnya.

Baca Juga: Sering Kita Lihat, Tahukah Kamu Apa Makna Semboyan Bhinneka Tunggal Ika?