Find Us On Social Media :

Dari Primbon Jawa, Tentukan Arah Bangunan Rumah Pembawa Keberuntungan Berdasarkan Neptu Weton Lahir Anda

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 11 Desember 2021 | 19:10 WIB

(ilustrasi) arah bangunan rumah menurut primbon Jawa.

Intisari-Online.com – Secara umum, primbon merupakan sebuah gambaran mengenai baik dan buruknya sesuatu berdasarkan perhitungan Jawa dan tanda-tanda yang menyertainya.

Primbon merupakan warisan leluhur Jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Primbon digunakan sebagai pedoman untuk menentukan sikap dalam suatu tindakan dalam kehidupan.

Primbon atau paririmbon berasal dari kata dalam bahasa Jawa.

Baca Juga: Weton Jawa Bayi Baru Lahir, Kenali Wataknya Menurut Primbon Jawa Berdasarkan Hari Lahir Kalender Masehi

Secara harfiah, kata Primbon,  berasal dari kata "rimbu" yang berarti simpanan dari bermacam-macam catatan oleh orang jawa pada zaman dahulu yang kemudian diturunkan atau disebarluaskan kepada generasi berikutnya.

Ada juga yang berpendapat nama primbon berasal dari kata "mbon" atau "mpon" dalam yang dalam bahasa Jawa berarti induk yang ditambah awalan pri untuk meluaskan kata dasar.

Hidup manusia, rezeki, jodoh, dan ajal telah digariskan oleh Tuhan, keberadaan primbon dalam kehidupan masyarakat hanya sebagai pijakan atau gambaran sebelum manusia melakukan sesuatu.

Weton, merupakan salah satu yang ada di dalam Kitab Primbon Jawa sebagai pedoman untuk mengetahui sifat seseorang, termasuk saat Anda akan mendirikan bangunan rumah.

Baca Juga: Begini Perhitungan Primbon Jodoh, Cari Kecocokan Suami Istri dalam Berumah Tangga Berdasarkan Jumlah Neptu Pasangan, Menurut Kitab Primbon Jawa