Find Us On Social Media :

Dibacakan pada 17 Agustus 1945 dan Segera Disebarluaskan, Ini Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia

By Khaerunisa, Senin, 6 Desember 2021 | 20:25 WIB

Teks proklamasi autentik yang diketik Sayuti Melik dan akhirnya dibacakan Bung Karno di hadapan para pemuda dan anggota PPKI pada 17 Agustus 1945 silam.

Intisari-Online.com - 17 Agustus 1945 merupakan hari dibacakannya proklamasi kemerdekaan, apa makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia?

Teks proklamasi sendiri disusun pada tanggal 17 dini hari di kediaman perwira Jepang, yang sekarang ini menjadi Museum Naskah Proklamasi.

Setelah pembacaan teks proklamasi, berita penyebaran proklamasi kemerdekaan Indonesia segera meluas di Jakarta, ke seluruh daerah di Indonesia, hingga terdengar dunia.

Dilansir situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), tersebarnya berita proklamasi dengan berbagai cara dan secara bertahap.

Baca Juga: Penting Bagi Perjuangan Mencapai Kemerdekaan, Ini Makna Sumpah Pemuda Bagi Bangsa Indonesia

Penyebarluasan berita proklamasi adalah soal yang penting untuk merekam terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan dukungan rakyat terhadap NKRI.

Itu juga berkaitan dengan salah satu makna proklamasi kemerdekaan bagi Bangsa Indonesia.

Yaitu bahwa dengan proklamasi kemerdekaan, Bangsa Indonesia menyatakan telah melepaskan diri dari segala bentuk penjajahan.

Bangsa Indonesia mengumumkan kepada dunia luar bahwa Indonesia adalah negara yang merdeka. Juga agar pengakuan ini (de facto) kemudian diikuti oleh pengakuan dari negara lain (de jure).