Find Us On Social Media :

Pantas Indonesia Dijuluki Negara Paling Berbahaya karena Miliki Ratusan Gunung Aktif, Ini Posisi Indonesia dari 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia

By Tatik Ariyani, Senin, 6 Desember 2021 | 15:13 WIB

Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Intisari-Online.com - Pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, Gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas guguran (APG).

Dalam video yang beredar di media sosial, tampak awan membumbung tinggi, sementara video lain memperlihatkan kondisi di sebuh tempat yang gelap gulita akibat pekatnya abu vulkanik dari Gunung Semeru.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Andiani menyampaikan, jarak luncur awan panas guguran Gunung Semeru mencapai hingga 11 kilometer.

Awan panas guguran itu mengarah ke Curah Kobokan di Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Bukan Gunung Merapi Apalagi Gunung Semeru, Inilah Letusan Gunung di Pulau Jawa Inilah yang Membuat Majapahit Porak-Poranda Hingga Membuat Sisa Peradaban Majapahit Musnah

Kementerian ESMD mencatat, Indonesia memiliki jumlah gunung api aktif sebanyak 127.

Jumlah itu merupakan yang terbanyak di dunia dan menduduki peringkat pertama dengan jumlah korban jiwa terbanyak.

Menurut tim ahli internasional yang dikenal sebagai jaringan Model Gunung Api Global (Global Volcano Model), berikut ini adalah negara-negara yang paling berisiko mengalami letusan gunung berapi yang mematikan.

Para ilmuwan gunung berapi memperhitungkan kematian dan kehancuran yang ditimbulkan oleh gunung berapi di masa lalu dan memberi peringkat negara-negara yang paling mungkin menghadapi bencana seperti itu di masa depan.

Baca Juga: Tak Hanya Akhir Tahun 2021, Gunung Semeru Telah Tunjukkan ‘Amukannya’ Sejak 1818, Inilah Rentetan Letusan Gunung Tertinggi di Pulau Jawa Ini