Find Us On Social Media :

Saat Sudah Dewasa Diancam Tahtanya Oleh Jayakatwang, Semasa Kecil Raden Wijaya Juga Sudah Tidak Aman dari Perebutan Kekuasaan, Terkuak Lewat Pembunuhan Ayahnya Calon Raja Kerajaan Sunda

By May N, Selasa, 23 November 2021 | 16:05 WIB

Ilustrasi Raden Wijaya

Intisari - Online.com - Raden Wijaya tidak diragukan lagi adalah salah satu tokoh penting dalam silsilah Raja-raja Jawa.

Ia merupakan pendiri dan raja pertama Kerajaan Majapahit, dengan bergelar Kertarajasa Jayawardhana (1293 - 1309 M).

Ia dibesarkan di Kerajaan Singasari.

Menurut prasasti Kudadu, tahun 1292 M, terjadi pemberontakan terhadap Kerajaan Singasari oleh Bupati Gelang-gelang, Jayakatwang.

Baca Juga: Dimulai dari Raden Wijaya Hingga Puncak Kejayaan pada Masa Pemerintahan Hayam Wuruk dan Berkuasa Hingga Hampir Dua Abad, Inilah Peninggalan Kerajaan Majapahit yang Bisa Jadi Bukti Keberadaannya

Mengutip kitab Pararaton, Jayakatwang mengirim pasukan bernama Jaran Guyang untuk menyerbu Singasari dari arah utara.

Raden Wijaya yang saat itu sudah menjadi menantu raja terakhir Singasari, Kertanegara, diperintahkan memimpin pasukan Singasari menangkal serangan pasukan Jayakatwang.

Namun, Jaran Guyang hanyalah taktik Jayakatwang, dan walaupun Raden Wijaya berhasil mengalahkan pasukan tersebut, tapi mereka hanya umpan.

Pasukan yang lebih besar dikirimkan ke Singasari oleh Jayakatwang dan sebagian besar kekuatan militer Singasari yang dipimpin Raden Wijaya belum kembali, membuat Jayakatwang berhasil menduduki istana dan membunuh Kertanegara.

Baca Juga: Jadi Penguasa Nusantara, Begini Jalan Panjang Raden Wijaya Dirikan Kerajaan Majapahit, Terpaksa Tunduk pada Musuhnya hingga Berhasil Kadali Pasukan Mongol