Find Us On Social Media :

Inilah yang Jadi Penyebab Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Salah Satunya Peringatan dari Sekutu Ini

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 19 November 2021 | 08:00 WIB

Kondisi salah satu sudut di Kota Surabaya ketika pertempuran 10 November 1945

Intisari-Online.com – Pihak Sekutu yang memenangkan Perang Dunia II, ternyata juga membawa dampak bagi bangsa Indonesia.

Belanda yang membonceng pada tentara Sekutu menginginkan bekas jajahannya itu kembali ke tangan mereka.

Tentara Sekutu yang datang ke Indonesia, bermaksud melucuti senjata tentara Jepang yang menginvasi Indonesia dan kalah dalam Perang Dunia II.

Tentu saja, nasionalisme rakyat Indonesia menentang habis-habisan kehadiran Sekutu ke tanah air ini.

Baca Juga: Korbankan Hingga Ribuan Nyawa Rakyat Surabaya dalam Pertempuran Hebat di Surabaya Inilah yang Jadi Alasan Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

Rakyat Indonesia melancarkan serangan-serangan kecil pada mereka, apalagi pasukan Sekutu mulai membangun pos-pos pertahanan di beberapa tempat.

Bagaimana pun, rakyat Indonesia juga ingin mempertahankan kemerdekaan bangsa yang telah diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Perlawanan yang dilakukan rakyat Indonesia terutama pemuda Surabaya ini memuncak, kala seorang perwira Inggris yang menjadi komandan salah satu pasukan, yaitu Brigadir Jenderal Aubertin Walter Sothern Mallaby tewas, bahkan sampai tidak dikenali mayatnya.

Tewasnya Jenderal Mallaby inilah yang menyulut kemarahan pihak Sekutu.

Baca Juga: Inilah Sosok Bung Tomo, Pahlawan yang Gelorakan Semangat Perjuangan Kala Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Taat Agama yang Tolak Poligami, Pernah Kritik Bung Karno