Find Us On Social Media :

Kehidupan dan Asal-usulnya Penuh Misteri, Akhirnya Terkuak Asal-usul Gajah Mada, Siapa Orang Tuanya, hingga Kisah Masa Lalunya

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 18 November 2021 | 16:34 WIB

Agama Mahapatih Gajah Mada akhirnya terungkap lewat bukti ini, benarkah beragama Islam.

Intisari-Online.com - Gajah Mada adalah sosok mahapatih paling berpengaruh dalam perjalanan panjang Kerajaan Majapahit menuju puncak kejayaaannya.

Ia dikenal sebagai sosok patih perkasa yang setia kepada pemangku takhta Majapahit untuk terus menjaga keutuhan dan melebarkan pengaruh kerajaan.

Salah satu peranan Patih Gajah Mada pada masa kejayaan Majapahit adalah menyatukan wilayah nusantara seperti yang diucapkannya dalam Sumpah Palapa.

Jasa-jasanya pun masih diagungkan oleh masyarakat Indonesia di masa sekarang.

Bangsa Indonesia telah menganggap Patih Gajah Mada sebagai pahlawan, simbol patriotisme dan persatuan nasional.

Baca Juga: Sering Dipercaya Ada Azimat Kesaktian di Balik Tongkat Soekarno, Konon Pusaka Sakti Milik Gajah Mada Ini Tersembunyi dan Dipegang oleh Si Bung, Apa Itu?

Meski terbilang cukup misterius, kisah hidup, perjalanan karier, dan perjuangannya didapatkan dari beberapa sumber, terutama dari Babad Gajah Mada, Naskah Usana Jawa, juga Babad Arung Bondan.

Seperti apa kehidupan dan asal-usul Gajah Mada berdasarkan naskah-naskah tersebut?

1. Naskah Usana Jawa

Menurut naskah ini, Gajah Mada dilahirkan di Pulau Bali.

Dikisahkan bahwa Gajah Mada lahir dengan cara memancar dari buah kelapa sebagai penjelmaan dari Sang Hyang Narayana (Visnu) sehingga Gajah Mada dipercaya lahir tanpa ayah dan ibu, namun ia lahir Karena kehendak dewa-dewi (Yamin 1977:13).

Baca Juga: Sampai Bikin Gajah Mada 'Berat Tangan,' Mengapa Kerajaan Majapahit yang Kekuasaannya Membentang hingga Malaysia dan Filipina Gagal Taklukkan Pajajaran?