Find Us On Social Media :

Selama Ini Sepelekan China, Siapa Sangka Joe Biden Sampai Telepon Xi Jinping Salah Satunya Gara-gara Inflasi AS yang Bikin Ketar-ketir, Lihat Cara China 'Menolong' AS

By May N, Selasa, 16 November 2021 | 18:36 WIB

Xi Jinping dan Joe Biden.

Intisari - Online.com - Ketika presiden China Xi Jinping menyapa Gedung Putih Senin malam untuk pertemuan virtual dengan Presiden Joe Biden, keduanya tidak perlu perkenalan.

"Kami telah menghabiskan banyak waktu berbicara dengan satu sama lain, dan kuharap kami bisa memiliki pembicaraan bagus juga malam ini," ujar Biden dikutip dari CNN.

Xi Jinping juga memberi sinyal ia senang bertemu dengan Biden.

"Walaupun tidak sebaik pertemuan tatap muka," ujar Xi saat pertemuan terlaksana, "Saya sangat senang melihat teman lama saya."

Baca Juga: Sudah Punya Jet Siluman Sendiri, China Malah Beli Jet Tempur Su-57 Rusia, Rupanya Ada Rencana Ini di Baliknya

Pembicaraan ini menjadi permulaan dari sebagian dari pembicaraan paling kritis dalam masa kepresidenan Biden, mengingat hubungan yang rusak antara Washington dan Beijing dan kenyataan yang diakui oleh pejabat administrasi, jika menangani hubungan AS dengan China akan berdampak pada objek internasional paling kritis Biden.

Namun pertemuan itu tidak sarat dari upaya mencari keuntungan.

Hal ini terlihat dari upaya Menteri Keuangan AS, Janet Yellen, yang membahas ekonomi dua negara.

Yellen yakin jika memotong tarif AS atas impor-impor China dapat mengurangi inflasi, yang saat ini menjadi sumber masalah utama pemerintah AS.

Baca Juga: Jadi Kunci Kedigdayaannya di Seberang Laut, Kemampuan Majapahit di Lautan Ternyata Berasal dari Tanah Leluhurnya, yang Kini Terancam 'Diratakan' China