Find Us On Social Media :

Sempat Bikin Heboh Seantero Negeri, Agama Gajah Mada Akhirnya Terungkap Lewat Fakta-fakta yang Disodorkan para Pakar Ini, Benarkah Beragama Islam?

By Tatik Ariyani, Selasa, 16 November 2021 | 18:42 WIB

Mahapatih Gajah Mada

Intisari-Online.com - Kerajaan Majapahit yang bercorak Hindu-Buddha berdiri pada akhir abad ke-13 dan mengalami masa kejayaan pada abad ke-14.

Kerajaan Majapahit mengalami masa keemasan ketika dipimpin oleh Hayam Wuruk.

Saat memimpin, ia didampingi Patih Gajah Mada.

Masa kejayaan Kerajaan Majapahit disebut tak terlepas dari peran Gajah Mada.

Baca Juga: Jadi Kunci Kedigdayaannya di Seberang Laut, Kemampuan Majapahit di Lautan Ternyata Berasal dari Tanah Leluhurnya, yang Kini Terancam 'Diratakan' China

Tahun 2017 lalu, Mahapatih Gajah Mada dan Majapahit sempat menjadi perbincangan hangat di media sosial berkat tulisan Arif Barata di situs portal-islam.id.

Pasalnya, tulisan yang mengutip buku "Kasultanan Majapahit: Fakta Sejarah yang Tersembunyi" karya Herman Janutama itu menyatakan, Gajah Mada beragama Islam dan Majapahit pun merupakan kasultanan.

Tulisan itu menimbulkan beragam reaksi, tetapi umumnya mencibir dan menertawakan meski juga tak bisa menunjukkan dasar argumennya.

Dalam diskusi di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Kamis (22/6/2017), arkeolog menuturkan bahwa jika tak memahami sejarah dan arkeologi, sangat mungkin masyarakat memiliki kesimpulan yang salah tentang Majapahit, melansir Kompas.com.

Baca Juga: Anak Buah Cheng Ho Sampai Geleng-geleng, Saking Kayanya Majapahit, Piring Emas Bekas Makan pun Dibuang Begitu Saja, Walau Hal Ini Dilakukan Kemudian