Find Us On Social Media :

Ramalan Jangka Jayabaya: Pujangga Legendaris Itu Sebut Tanda-tanda Kedatangan 'Satria Piningit' yang Gunakan 4 Elemen Alam sebagai Senjata

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 15 November 2021 | 13:48 WIB

Ramalan Jayabaya

Intisari-Online.com - Manusia cenderung suka mengaitkan peristiwa-peristiwa dahsyat dengan menggunakan referensi dari ramalan, mimpi, dan fenomena spiritual lainnya.

Prabu Jayabaya adalah seorang raja sekaligus pujangga legendaris, menulis ramalan pada masa lampau yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia hingga sekarang yakni Ramalan Jangka Jayabaya.

Dalam ramalannya, Raja Kediri itu salah satunya menyebutkan beberapa ciri, sifat dan karakter Satria Piningit sang Ratu Adil yang bakal memimpin negara.

Dikalangan masyarakat luas banyak yang menyamakan makna antara Satria Piningit dan Ratu Adil, fakta itu tidak sepenuhnya salah karena makna keduanya memang saling berkaitan.

Baca Juga: Ternyata Kisah di Balik Mitos Orang Jawa Dilarang Nikahi Orang Sunda Berasal dari Sejarah Panjang Majapahit Kala Cinta Hayam Wuruk Gagal Nikahi Dyah Pitaloka hingga Menyulut Perang

Secara harfiah Satria Piningit diartikan ksatria yang masih tersembunyi oleh zaman.

Secara substansial, Ksatria itu adalah karakter atau sifat yang harus dimiliki seorang pemimpin, sedangkan Piningit masih dipingit atau dirahasiakan dalam hal ini dimaksudkan oleh zaman.

Oleh sebab itu, masyarakat hanya bisa berasumsi dan menduga-duga atau menafsir istilah tersebut.

Demikian halnya, Ratu Adil secara harfiah dapat diartikan sebagai pemimpin yang bijak dan adil.

Baca Juga: Sampai Bikin Gajah Mada 'Berat Tangan,' Mengapa Kerajaan Majapahit yang Kekuasaannya Membentang hingga Malaysia dan Filipina Gagal Taklukkan Pajajaran?