Find Us On Social Media :

Isi Perjanjian Tordesillas, Silsilah Penjajahan Dunia Oleh Dua Bangsa Eropa

By May N, Senin, 15 November 2021 | 08:10 WIB

Pada 1592 Petrus Plancius, seorang kartografer dan pendeta Flemish di Gereja Reformasi Calvinis, mensponsori misi rahasia untuk mendapatkan bagan manuskrip rahasia Portugis dari Lisbon.

Intisari-Online.com - Isi Perjanjian Tordesillas 'membelah dunia' untuk dikuasai Bangsa Portugis dan Spanyol.

Jatuhnya Konstatinopel merubah peta politik global pada abad ke-15, mendorong bangsa-bangsa Eropa untuk mencari jalan menuju dunia lain.

Wilayah Laut Tengah dikuasai Dinasti Ottoman, di mana saat itu penguasa baru ini menerapkan penolakan terhadap aktivitas barat di kawasan tersebut.

Peristiwa jatuhnya Konstantinopel menjadi salah satu pendorong Bangsa Eropa mulai mencari wilayah baru untuk tetap menjalankan roda perekonomian, mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan.

Baca Juga: Isi Perjanjian Postdam, Kesepakatan Para Pemenang Perang Dunia 2, Memecah Jerman Jadi Dua

Portugis menjadi bangsa yang mempelopori penjelajahan wilayah baru tersebut.

Didukung penemuan berbagai teknologi seperti kompas, teropong, dan peta, semakin mempermudah penjelajahan Bangsa Portugis yang memang yang terbiasa berperang.

Pada saat itu, Portugis memiliki angkatan laut modern dan kuat, juga mempunyai hubungan dagang dengan pelabuhan di Mediteranian dan negara-negara Eropa Utara.

Namun, bukan hanya Portugis, Bangsa Spanyol juga melakukannya, membuat keduanya terlibat dalam persaingan yang kemudian melatarbelakangi disepakatinya Perjanjian Tordesilles ini.