Find Us On Social Media :

Ritual Buka Mulut Dilakukan pada Mumi yang Akan Dimakamkan, Agar Bangsa Mesir Kuno Dapat Bertemu dengan Dewa dan Nikmati Kehidupan Abadi, Seperti Apa Bentuk Ritual Tersebut?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 November 2021 | 08:00 WIB

Ritual buka mulut pada mumi bangsa Mesir Kuno, begini yang mereka lakukan.

Intisari-Online.com – Setelah meninggal, dan sebelum dimakamkan di makamnya, mumi orang yang sudah meninggal harus menjalani ritual yang rumit.

Ritual tersebut dimaksudkan untuk membantunya mendapatkan kembali akal sehatnya melalui sihir, sehingga dapat menikmati kehidupan penuh di akhirat.

Hal tersebut dilakukan Mesir selama Kerajaan Baru.

Namun, bukan sembarang hari melakukannya, yaitu ketika Firaun sudah mati.

Baca Juga: Ketinggian Air Saat Banjir pun Perlu Dicatat, Inilah Kalender Mesir Kuno yang Merupakan Kalender Berdasarkan Matahari Pertama dalam Sejarah

Dilakukan agar raja  yang telah meninggal dapat bertemu dengan para dewa dan menikmati kehidupan abadi, maka diperlukan pelaksanaan ritual pemakaman yang teliti.

Setelah tujuh puluh hari, wajib dilakukan proses mumifikasi.

Mumi kerajaan ditempatkan di sebuah perahu dengan armada kecil yang akan membawanya ke Sungai Nil ke tempat peristirahatan terakhirnya, yaitu Lebah Para Raja, sebelah barat Thebes, ibukota negara.

Penerus almarhum raja memimpin karavan pemakaman.

Baca Juga: Jadi Salah Satu Wanita Terbaik Sejagat dan Dijamin Masuk Surga oleh Nabi Muhammad, Inilah Sosok Asiyah, Istri Firaun yang Menyelamatkan Nabi Musa