Penulis
Intisari-Online.com – Piramida, makam, dan kuil megah untuk para raja dan dewa adalah warisan besar yang ditinggalkan oleh para arsitek dan pembangun Mesir Kuno.
Di Mesir Kuno, arsitek tidak dapat dipahami kecuali dalam pelayanan agama.
Arsitek, seperti juru tulis, pelukis, pematung atau dokter, memperoleh pengetahuan mereka di ‘rumah kehidupan’, sekolah yang melekat pada kuil dan pusat budaya yang mendikte aturan yang harus diikuti dalam semua disiplin ilmu.
Maka ini menjelaskan mengapa arsitek menyandang gelar keagamaan, bahkan sering kali ini lebih penting daripada aktivitas konstruksi mereka.
Para arsitek besar, adalah mereka yang bertanggung jawab atas karya-karya kerajaan, tidak hanya bertugas merancang makam dan kuil saja.
Tetapi, seperti yang ditunjukkan oleh posisi mereka, maka mereka adalah ‘pengarah semua pekerjaan raja’.
Ini termasuk perencanaan bendungan dan kanal, serta pilihan batu yang paling cocok untuk patung firaun kolosal.
Jika diamati hubungan erat antara arsitektur religi dan arca-arca yang diperuntukkkan bagi masing-masing candi khususnya, maka patut dihargai bahwa kedua disiplin ilmu itu saling melengkapi.
Ilmu arsitekturnya melayani patung, dan sebaliknya, membentuk keseluruhan yang harmonis yang muncul dari satu pikiran pemandu.
Faktor pengkondisian religius ini diwujudkan dalam segala bidang usaha arsitektur.
Maka, jelaslah bahwa kuil-kuil, dianggap sebagai ‘rumah Tuhan’.
Ini diresapi dengan kandungan spiritual yang tinggi, tdak dibagikan kepada orang-orang karena akses ke tempat-tempat suci selalu dilarang untuk semua umat beriman.
Makam juga dianggap sebagai ‘rumah keabadian’.
Karena di kuil mereka, dewa Ka atau napas vital orang yang meninggal menerima persembahan yang diperlukan untuk kelangsungan hidup mereka di akhirat.
Rumah-rumah pribadi juga memiliki komponen keagamaan.
Misalnya, para pekerja Firaun yang tinggal di kota Deir el-Medina memiliki sebuah ruangan, tempat mereka memuja leluhur keluarga mereka.
Di ruangan yang sama itu pula terjadi kelahiran, sehingga menciptakan kesinambungan antara hidup dan mati yang dibimbing oleh keilahian.
Paternitas dari konstruksi, tidak dikaitkan dengan arsitek, tetapi kepada raja.
Firaun dan dewi Seshat, istri Thot, yang juga dewa penulisan dan perhitungan, menandai batas tempat perlindungan masa depan di tanah.
Mulai Kerajaan Baru, raja mengarahkan pekerjaan fondasi awal dan membuat model, mengikuti ritual yang telah ditetapkan, batu bata menandai sudut utama kuil.
Pada akhirnya konstruksi itu dipersembahkan kepada para dewa oleh firaun, sebagai karya pribadi raja.
Dengan cara ini, manusia diangkat ke alam spiritual berkat campur tangan ilahi.
Meskipun banyak arsitek disebutkan dalam sejarah Mesir, namun hanya beberapa yang benar-benar terkenal.
Hemiunu memegang gelar ‘putra kerajaan’, ‘wazir’, dan ‘direktur semua pekerjaan raja’.
Ketika dia hidup di bawah pemerintahan Khufu, selama Dinasti IV, banyak ahli Mesir Kuno menganggapnya sebagai penulis proyek piramida raja ini dan direktur pengembangnya, meskipun tidak ada dokumen khusus yang membuktikan hal ini.
Hemiunu dimakamkan di mastaba G4000 besar di Giza, dekat piramida tuannya.
Di Kerajaan Baru, selama dinasti ke-18, arsitek Ineni memiliki kehidupan profesional yang panjang.
Dia merancang karya-karya di bawah pemerintahan firaun Amenhotep I, Thutmose I, Thutmose II, Thutmose III, dan Hatshepsut.
Tempatnya untuk ratu terakhir ini dia membangun makam KV20, makam terpanjang yang digali di Lembah Para Raja, tidak termasuk makam Seti I, yang diperpanjang oleh terowongan yang belum selesai.
Meskipun Ineni paling diingat untuk frasa yang dikaitkan dengannya sebagai hasil dari pembangunan makam Thutmose I, mungkin KV20 yang sama, arsitek kerajaan mengatakan bahwa dia melakukan pekerjaan itu ‘tanpa ada yang melihatnya, tanpa seorang pun akan mendengarnya’.
Pasti itu mengacu pada rahasia yang mengelilingi pembangunan makam kerajaan.
Arsitek Hatshepsut lainnya, Sen-en-Mut, yang mungkin adalah kekasihnya, Kha, adalah seorang arsitek kerajaan terkemuka di Deir el-Medina.
Makam utuhnya, TT8, ditemukan oleh Ernesto Schiaparelli pada tahun 1906.
Barang-barang pada makamnya disimpan di Museum Mesir di Turin, menunjukkan status sosial yang tinggi dari para arsitek selama Kerajaan Baru.
Tokoh lain yang tertarik pada arsitektur adalah Khaemweset, putra keempat Ramses II dan kedua Ratu Isetnofret, memegang gelar Kepala Besar pengrajin Ptah, hierarki tertinggi ulama Memphis.
Dia merancang galeri pertama Serapeum of Memphis, tempat peristirahatan lembu Apis yang suci.
Dia juga memulihkan piramida Kerajaan Lama atas nama ayahnya, itulah sebabnya dia dianggap sebagai ahli Mesir Kuno pertama dalam sejarah.
Tetap saja, tidak satu pun dari mereka yang berhasil menandingi ketenaran dua arsitek yang akhirnya menjadi dewa, yaitu:
Imhotep, merupakan arsitek Raja Djoser sealam Dinasti III, pada awal Mesir.
Amenhotep, putra Hapu, direktur karya Raja Amenhotep III, selama dinasti ke-18.
Imhotep membangun untuk rajanya sebuah kandang penguburan megah, dengan interior enam langkah raksasa naik ke surga.
Ini adalah piramida langkah pertama yang dibangun di Mesir, yang bersama dengan sisa kandang, merupakan konstruksi tertua di dunia yang terbuat dari batu berukir.
Desain beberapa kolomnya menggambarkan, dua ribu tahun lagi, ordo Doric Yunani.
Begitu tidak biasanya arsitektur kandang ini, sampai-sampai ketika Cecil M. Firth menemukannya pada tahun 1924, mengira bahwa itu adalah karya Yunani-Romawi, melansir historicaleve.
Di kuil Ptolemeus Edfu, yang dibangun ribuan tahun kemudian, sebuah prasasti menceritakan bahwa tempat suci ini dibangun sesuai dengan pedoman milenium Imhotep.
Ketenarannnya sebagai orang bijak, membuatnya dipromosikan ke Olympus Yunani sebagai dewa pengobatan Asclepius, dan kemudian ke Romawi sebagai Aesculapius.
Makamnya, tetap menjadi target utama dari banyak misi arkeologi yang beroperasi di pasir Saqqara, meski hingga kini belum ditemukan.
Lebih dari seribu tahun setelah Imhotep, Amenhotep putra Hapu menyusun kuil Luxor, di bawah pemerintahan Amenhotep III, pada dinasti ke-18, sebuah bangunan yang menetapkan kanon definitif kuil Mesir.
Dia memilih blok kuarsit merah di tambang Gebel el-Ahmar, blok yang digunakan untuk memahat Colossi of Memnon yang tekenal, yang memimpin kuil pemakaman Amenhotep III di tepi barat Thebes, Luxor modern.
Dia kemudian dianugerahi oleh Amenhotep III sebuah kuil untuk pemujaan pemakamannya, sebuah hak istimewa yang hanya diperuntukkan bagi para firaun dan sejumlah ratu.
Beberapa patungnya, yang menerima pemujaan populer, ditempatkan di kompleks Amun, di kompleks dewi Mut, dan di kuil Khonsu, di Karnak.
Dalam salah satunya, Amenhotep menyatakan bahwa dia telah mencapai usia kesucian, yang secara agama ditetapkan pada seratus sepuluh tahun, meskipun itu hanya retorika murni.
Karena arsitek terkenal itu meninggal pada usia delapan puluh tahun, usia yang luar basa pada waktu itu.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari